12 February 2020, 22:11 WIB

Xi Jinping Ingin Yakinkan Dunia Bisa Atasi Korona


Nur Aivanni | Internasional

PENGAMAT hukum internasional dari Universitas Pelita Harapan Aleksius Jemadu mengatakan bahwa komunikasi melalui sambungan telepon dari Presiden Tiongkok Xi Jinping kepada Presiden Joko Widodo adalah untuk meyakinkan bahwa Negara Tirai Bambu itu mampu mengatasi wabah virus korona.

"Kepentingan Tiongkok saat ini adalah meyakinkan dunia internasional bahwa mereka mampu, kenapa? Tiongkok ini sedang bangkit menjadi suatu negara oleh banyak orang disebut super power berikutnya," katanya saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (12/2).

Jika Tiongkok tidak mampu mengatasi wabah virus korona tersebut, terangnya, ambisi Tiongkok untuk menjadi negara super power akan terhambat. "Jadi psikologi Tiongkok saat ini adalah tampil di dunia dan di depan rakyatnya sendiri sebagai negara yang mampu mengatasi ini. Dia tidak mau kelihatan lemah, itu psikologi negara komunis," katanya.

Optimistis Tiongkok tersebut, menurut Aleksius, sangat penting sebagai bentuk legitimasi partai komunis terutama di mata rakyatnya, yakni negara yang mampu dan bisa menyelesaikan masalahnya. Jika mereka tidak mampu mengatasi wabah virus korona, itu kemudian akan meruntuhkan legitimasi mereka.

"Itu psikologi orang yang tidak mau kelihatan kalah dan itu negara komunis, tidak mau kelihatan kalah, tidak mau kelihatan tidak berdaya mengatasi masalah," tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT