12 February 2020, 23:00 WIB

Tim Merah Putih Mulus di Laga Perdana


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

TIM bulu tangkis putra Indonesia, kemarin, berhasil menjadi juara grup setelah mengalahkan tim Korea Selatan (Korsel) dengan skor 4-1 dalam Kejuaraan Beregu Bulu Tangkis Asia 2020. Korea Selatan otomatis menjadi runner-up karena di Grup A hanya diisi dua negara.

Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Korsel. Mereka menang mudah dari Na Sung-seung/Wang Chan dengan skor 21-10 dan 21-14.

Poin dari Fajar/Rian sangat diharapkan karena Jonatan yang mendapat giliran ketiga untuk tampil, takluk 16-21 dan 25-27 dari Son Wan-ho. Itu menjadi kekalahan keempat Jonatan dari enam kali pertemuan dengan Wan-ho.

Sebelum Jonatan, Anthony Sinisuka Ginting dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo masing-masing sudah menyumbang satu poin. Anthony hampir saja gagal memetik kemenangan ketika melawan Heo Kwang-hee karena lawannya itu bisa membuat imbang kedudukan di gim kedua. Namun, itu sia-sia karena Anthony menutup laga dengan skor 24-22, 19-21, dan 21-16.

Sementara itu, Minions, julukan Marcus/Kevin, langkah mereka mulus saja karena Choi Sol-gyu/Kim Won-ho menyerah dengan skor 21-14 dan 21-16. Shesar Hiren Rhustavito menjadi penyumbang poin keempat bagi timnya setelah menang 15-21, 21-13, dan 21-14 dari Kim Dong-hoon.

Sesuai prediksi

Dari sektor putri, Gregoria Mariska Tunjung dkk sukses menyapu bersih semua poin ketika melawan Filipina dalam laga perdana, kemarin. Selain Gregoria, semua wakil Merah Putih berhasil memenangi pertandingan dalam dua gim.

Gregoria yang tampil paling awal, sempat kesulitan ketika melawan Airah Mae Nicole Albo dan kalah 19-21. Namun, dia mampu mengatasi hambatan yang ada dan kemudian menang 21-11 dan 21-9.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu menang straight game atas Alyssa Yasbel Leonardo/Thea Marie Pomar dengan skor 21-18 dan 21-12. Ruselli Hartawan menjadi penentu kemenangan tim Merah Putih dengan merebut angka ketiga setelah mengalahkan Maria Bianca Ysabel Carlos dengan skor 21-10 dan 21-18.

Pasangan ganda kedua, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, tak menemukan hambatan berarti saat melawan Joella Geva De Vera/Lunod Chanelle dan menang dengan skor 21-7 dan 21-8. Kemudian, pemain junior Putri Kusuma Wardani yang turun di partai kelima, menyempurnakan kemenangan Indonesia dengan mengalahkan Sarah Joy Barredo, 21-19 dan 21-14.

"Hasilnya sesuai prediksi, kami bersyukur bisa menang 5-0. Sebetulnya yang agak dikhawatirkan di tunggal ketiga karena ini kan pengalaman pertama buat Putri, tapi ternyata di gim pertama dia lepas, di gim kedua bisa main normal," komentar Susy Susanti, manajer tim Indonesia.

Susy pun berharap hasil melawan tim tuan rumah bisa menjadi modal untuk melawan tim putri Thailand pada hari ini. Hasil dari laga itu akan menentukan siapa juara Grup Y. (BadmintonIndonesia/R-3)

BERITA TERKAIT