12 February 2020, 21:00 WIB

Digarap Bulan Ini, Rute Baru Formula E Punya 11 Tikungan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah mengirimkan rancangan rute baru Formule E ke Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka. Communication Director Komite Penyelenggara Formula E Jakarta, Dhimam Abror, menyatakan pembuatan trek baru akan dikerjakan secepatnya.

"Setelah ada peresmian dari Pak Gubernur langsung dikerjakan. Ditargetkan mulai bulan ini (pengerjaan treknya)," kata Dhimam di Gedung Balai Kota Jakarta, Rabu (12/2).

Dalam surat bernomor 61/-1.857.23 yang dikirimkan ke Komisi Pengarah, Anies melampirkan gambaran sementara lintasan balap Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas). Lintasan disebut memiliki panjang 2,6 kilometer (km) dan 11 tikungan.

Rute sirkuit dimulai dari sisi selatan Monas atau Jalan Plataran Merdeka ke arah pintu Tenggara Monas dekat Gambir, lalu melintas di Jalan Medan Merdeka Selatan atau depan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Setelah itu, menuju kawasan Patung Kuda, kemudian masuk ke Monas lewat pintu Barat Daya Monas dan kembali ke sisi selatan.

Baca juga: Alternatif Sirkuit Formula E, Jakpro: Sulit Untuk Lepaskan Monas

Selain lintasan balap, ada tiga kawasan yang bakal digunakan, yakni kawasan di sisi Monas Barat Laut yang dijadikan sebagai kawasan E-Village dan Fan Zone. Kawasan itu digunakan sebagai wahana edukasi dan rekreasi publik untuk mengenalkan teknologi ramah lingkungan.

Dalam surat tersebut juga dijelaskan penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas telah mendapat rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya DKI Jakarta. Rekomendasi tertuang dalam surat Kepala Dinas Kebudayaan dengan nomor 93/-1.853.15 tentang Penyelenggaraan Formula E pada 20 Januari 2020

"Kami menerima semua masukan dari pihak-pihak terkait tentang pembangunan sirkuit di Monas baik itu untuk cagar budayanya. Demi menjaga kelestariannya, itu semua jadi bahan masukan," jelas Dhimam.

"Jadi ketika Pak Gubernur punya rencana membuat Formula E di Monas, yang pertama kali kami pikirkan adalah kelestarian dan cagar budaya Monas agar tak merusak apapun," tandasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT