12 February 2020, 20:08 WIB

Kedubes Australia Luncurkan Situs 70 Tahun 70 Cerita


Nur Aivanni | Internasional

KEDUTAAN Besar Australia Jakarta meluncurkan situs "70 Tahun, 70 Cerita". Hal itu dilakukan dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Australia. Serta, melanjutkan finalisasi IA-CEPA dan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Australia.

Situs "70 Tahun, 70 Cerita" (www.70yearsIndonesiaAustralia.com) merayakan tokoh-tokoh Australia dan Indonesia yang berkontribusi dalam pertalian bertahun-tahun. Berikut, peran dalam banyak kebijakan dan program yang membantu pembentukan hubungan kedua negara.

Australia dan Indonesia telah berbagi ikatan yang unik sebagai tetangga dan sahabat. Mulai dari koneksi antara para pedagang Bugis dari Sulawesi dan komunitas penduduk asli Australia bagian utara yang bermula 400 tahun lalu, hingga dukungan Australia bagi kemerdekaan Indonesia setelah Perang Dunia II. Tidak ketinggalan, pidato Presiden Joko Widodo di parlemen nasional Australia awal pekan ini.

"Sebagai tetangga, Indonesia dan Australia memiliki sejarah bersama yang panjang yang tidak diketahui secara luas sebagai mana mestinya," kata Kuasa Usaha Australia untuk Indonesia, Allaster Cox, dalam siaran pers yang diterima, Rabu (12/2).

Baca juga: IA-CEPA Perkuat Ekonomi Indonesia-Australia

Situs itu tersedia dalam versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Situs juga menyajikan informasi sejarah maupun acara yang sedang diselenggarakan dan menjadi sumber informasi perpustakaan multimedia. Termasuk, film dokumenter Indonesia Calling dan Batavia 1945. Banyak juga foto dari Arsip Nasional Australia dan Perpustakaan Nasional Australia.

Situs tersebut juga menyajikan cerita dari tokoh terkemuka Indonesia. Mulai dari Duta Besar Indonesia pertama untuk Australia, Raden Usman Sastroamidjojo, yang mengunjungi Australia pada 1947. Berikut, alumni Australia yang juga Presiden Direktur Blue Bird Group, Noni Purnomo, pemenang penghargaan Alumni of the Year tahun 2019 dari Pemerintah Australia. Situs itu menjadi portal sempurna bagi masyarakat Australia dan Indonesia yang ingin memiliki pemahaman lebih dalam dan luas mengenai hubungan bilateral kedua negara.

"Saya mengundang semua orang untuk meluangkan waktu waktu dan menjelajah situs ini, untuk mengetahui lebih dalam faktor-faktor yang membawa kita menjadi lebih dekat sebagai tetangga dan juga sebagai sahabat," tandas Allaster.(OL-11)

Kedua negara menyepakati ratifikasi perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). ANTARA FOTO/AAP Image/Lukas Coch via REUTERS/foc.

 

BERITA TERKAIT