12 February 2020, 16:00 WIB

Ini Sebab Cebok dengan Air Lebih Baik daripada Menggunakan Tisu


Fetry Wuryasti | Weekend

SELAMA ini cebok dengan menggunakan air memang telah dianggap lebih bersih ketimbang menggunakan tisu. Nyatanya, cebok menggunakan air juga lebih baik secara lingkungan.

Dilansir Channelnewsasia.com, sebuah artikel menyebut jika cebok menggunakan semprotan air (bidet) menghabiskan sekitar 500ml air sekali pakai. Sementara satu gulungan tisu membutuhkan 140liter air untuk memproduksinya.

Jika angka itu dirinci lagi, berdasarkan perhitungan umum jika satu gulungan kertas tisu habis untuk 22 kali pemakaian maka tiap cebok menggunakan tisu tetap menghabiskan sekitar 6liter air. Dengan begitu, selama cebok itu menggunakan bidet (bukan gayung) maka penggunaan air akan tetap lebih hemat.

Kenyataan itu pun menambah keunggulan cebok menggunakan air. Dari sisi kesehatan, cebok menggunakan tisu akan meninggalkan residu tinja dan bakteri.

"Sedangkan jika Anda menggunakan bidet atau semprotan bilas, Anda akan lebih bersih," kata Dr Phillip Buffington, kepala petugas medis dari The Urology Group di Amerika Serikat 

"Mereka yang mencuci atau menggunakan bidet untuk cebok akan jauh lebih kecil kemungkinan memiliki masalah dengan ruam dan ketidaknyamanan dan iritasi," tambah Dr Allen Kamrava, seorang ahli bedah kolorektal dan umum berbasis di California, di Healthline. (M-1)
 

BERITA TERKAIT