12 February 2020, 13:30 WIB

Kementerian Perhubungan Uji Coba KA ke Bandara Adi Soemarmo


Djoko Sardjono | Nusantara

KEMENTERIAN Perhubungan RI melakukan uji coba perjalanan kereta api (KA) layanan Stasiun Klaten ke Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS).

Uji coba tersebut dilakukan sebagai persiapan Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) melayani relasi Stasiun Klaten-BIAS.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan, menjelaskan, KA BIAS akan mulai beroperasi awal Maret 2020.

"Menurut rencana, pengoperasian KA BIAS akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, awal bulan depan," kata Danto kepada awak media saat uji coba perjalanan KA BIAS di Stasiun Klaten, Selasa (11/2).

Baca juga: Kereta Api Uap Buatan 1921 Berhasil Direstorasi

Rute perjalanan KA BIAS dari Bandara Internasional Adi Soemarmo menuju Stasiun Klaten melewati Stasiun Kadipiro, Stasiun Balapan dan Stasiun Purwosari. Lama perjalanan sekitar 60 menit.

Rangkaian KA BIAS terdiri dari empat gerbong dengan kapasitas penumpang tiap gerbong 70 orang. Sebelum diresmikan, dilakukan uji coba dengan penumpang secara gratis.

"Pengoperasian KA BIAS untuk memudahkan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari dan ke Bandara Internasional Adi Soemarmo," ungkapnya.

Dalam uji coba KA BIAS, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api didampingi Kepala PT KAI Daops 6 serta beberapa petugas dari Kementerian Perhubungan dan PT KAI.(OL-5)

BERITA TERKAIT