12 February 2020, 05:45 WIB

BNPB Luncurkan Platform Pelaporan Bencana


Fer/H-3 | Humaniora

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Yayasan Peta Bencana meluncurkan platform Petabencana.id secara nasional sebagai wujud kegiatan nasional kesiapsiagaan. "Tidak mungkin pemerintah melakukan sendiri dalam menginformasikan kepada masyarakat. Tetapi, peran serta masyarakat dalam memberikan informasi sangat penting," terang Kepala BNPB Doni Monardo membuka acara tersebut, kemarin, di Ruang Serba Guna Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta Timur.

Sementara itu, Direktur PetaBencana.id Nashin Mahtani menjelaskan bahwa platform tersebut terbuka dan gratis dalam menyediakan informasi bencana real-time dan komunikasi transparan antara warga dan lembaga pemerintah. "Data yang dihasilkan dapat menjadi pijakan untuk membuat keputusan berbasis informasi yang memadai pada keadaan darurat," jelas Nashin.

Sejak 2013, PetaBencana.id sudah digunakan jutaan pengguna di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Plaltform yang dikembangkan Yayasan Peta Bencana juga memenangi penghargaan seperti United Nations Public Service Award 2019, serta direkomendasi Palang Merah Internasional sebagai model untuk partisipasi masyarakat dalam merespons bencana. (Fer/H-3)

BERITA TERKAIT