12 February 2020, 04:15 WIB

NasDem NTT Tetapkan Enam Calon Bupati


(PO/MY/MT/BY/RS/AS/N-1) | Nusantara

DEWAN Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menetapkan enam pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung di pilkada serentak pada September mendatang. Keenam kabupaten itu ialah Manggarai, Manggarai Barat, Malaka, Sabu Raijua, Sumba Barat, dan Sumba Timur.

Pasangan tersebut berasal dari figur politisi dan birokrat terdiri atas petahana dan tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh kuat di semua elemen masyarakat. Kolaborasi antara birokrat dan politisi dinilai akan membuat roda pemerintahan menjadi kuat dan efektif.

"Kami yakin semua pasangan itu menang pilkada di daerah masing-masing," kata Sekretaris DPW Partai NasDem NTT Alexander Ofong di Kupang, kemarin. Tiga kabupaten lainnya yang juga akan menggelar pilkada, tapi belum menetapkan pasangan calon, yakni Kabupaten Belu, Timor Tengah Utara, dan Ngada.

Menurut Alexander, pasangan petahana berasal dari Manggarai, yaitu Deno Kamilus-Viktor Madur. Deno berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Viktor Madur merupakan Ketua DPD Partai NasDem Manggarai.

Sementara itu, Dewan Pimpinan wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Bengkulu telah mengusulkan lima nama bakal calon Gubernur Bengkulu ke Dewan Pimpinan Pusat Partai NasDem. Tiga di antara mereka ialah Dedy Ermansyah, Rohidin Mersyah, dan Ferry Ramli.

DPW Partai NasDem Sulawesi Tengah (Sulteng) memberi mandat kepada Nilam Sari Lawira yang juga ketua DPRD provinsi itu untuk menjadi ketua tim pemenangan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdy Mastur dan Ma'mun Amir.

Di sisi lain, Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menganggarkan Rp99 miliar untuk penyelenggaraan pemilihan bupati. Angka itu sesuai dengan yang diajukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung.

Di Pulau Dewata, sejumlah nama santer disebut-sebut sebagai calon kuat untuk pilkada di enam daerah. Rencananya nama-nama pasangan itu akan diumumkan setelah Hari Raya Galungan pada 19 Februari mendatang. (PO/MY/MT/BY/RS/AS/N-1)

BERITA TERKAIT