11 February 2020, 21:07 WIB

Jaringan Listrik di Jateng Selatan Padam Total


Lilik Dharmawan | Nusantara

JARINGAN listrik di sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng) dan DIY mengalami black out atau padam total hari ini (11/2). Padamnya aliran listrik tersebut akibat gangguan di jaringan sistem 500 Kilovolt (KV) antara Kesugihan, Cilacap dan Pedan, Klaten.

"Kami belum mendapatkan informasi resmi, tetapi ada gangguan jaringan 500 KV antara Kesugihan-Pedan. Tetapi kami telah memberitahukan mengenai pemadaman kepada konsumen di Jateng-DIY," jelas Manajer Humas PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng-DIY, Haris, Selasa (11/2).

Menurutnya, penyebab gangguan jaringan masih belum dapat diketahui secara detail. Namun, PLN terus berusaha untuk mempperbaikinya agar padamnya listrik tidak terlalu lama.

"Padamnya listrik meliputi sebagian wilayah Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Magelang dan sebelah barat DIY. Penanganan belum dapat dipastikan sampai berapa jam, namun kami berusaha maksimal," ujarnya.

Sementara salah seorang warga di Purwokerto, Driyanto, 50, mengatakan pemadaman listrik sangat berpengaruh terhadap kerjanya. "Terus terang, saya tidak dapat bekerja secara maksimal, karena tidak dapat mengirim file besar. Sebab, akses internet ternyata juga tidak lancar," ujar Driyanto.

Data Gardu Induk (GI) yang terpengaruh di antaranya adalah GI Bumiayu (Brebes), GI Kalibakal (Purwokerto), GI Rawalo (Banyumas), GI Semen Nusantara (Cilacap), GI Lomanis (Cilacap), GI Kesugihan (Cilacap), GI Gombong (Kebumen), GI Kebumen, GI Purworejo, GI Wadaslintang (Wonosobo), GI Wates (Kulonprogo), GI Temanggung dan GI Ajibarang (Banyumas). Gangguan trafo di antaranya adalah Kentungan Trf 2, Randugarut Trf 2 (MLS), Kaliwungu Trf 2 (MLS) dan Batang Trf 2 (MLS) serta ada 25 penyulang. (OL-13)

BERITA TERKAIT