11 February 2020, 20:58 WIB

Indonesia Awasi Ketat Orang yang Masuk dari Singapura


Atalya Puspa | Internasional

PEMERINTAH Indonesia merespons sikap Singapura yang menaikkan level peringatan kesehatannya ke oranye dengan memperketat pengawasan orang yang masuk ke Indonesia dari Singapura.

Kementerian Kesehatan juga mengimbau warga negara Indonesia yang akan melakukan perjalanan ke Singapura untuk memperhatikan peringatan otoritas setempat dan mengikuti aturan yang diterapkan.

Diretur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Pengakit Kemenkes ANung Sugihantono menegaskan, pihaknya belum memberikan rekomendasi untuk menerbitkan larangan perjalanan (travel banned) ke Singapura.

"Kita tidak menetapkan teavel warning atau travel banned. Tapi yang sudah di sana dimohon untuk memerhatikan imbauan," kata Anung di Gedung Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes, Jakarta, Selasa (11/2).

Baca juga : Kemenkes: 78 WNI di Kapal Pesiar Jepang Negatif Virus Korona

Anung memastikan, pemerintah Indonesia masih melakukan upaya pencegahan di dalam negeri meski Singapura sudah menaikkan status peringatan kesehatannya akibat terus bertambahnya kasus positif terinfeksi virus korona baru (2019-nCoV) di Negeri Singa.

Pada Selasa (11/2), Singapura melaporkan 2 kasus baru infeksi virus korona, Total, ada 47 kasus infeksi virus korona dengan 7 pasien dalam keadaan kritis di Singapura saat ini.

Seorang warga negara Indonesia (WNI) juga diketahui terinfeksi virus korona di Singapura.

Secara global, virus korona telah menginfeksi 43.112 orang di seluruh dunia dengan 1.018 diantaranya meninggal dunia. (OL-7)

BERITA TERKAIT