11 February 2020, 20:50 WIB

Sulsel Siapkan OP Gula Pasir dan Bawang Putih


Lina Herlina | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Selatan mempersiapkan operasi pasar (OP) gula pasir dan bawang putih. Langkah itu dilakukan mengingat kenaikan dua komoditi tersebut, yaitu bawang putih menjadi Rp50 ribu per kilogram dan gula pasir Rp15 ribu per kilogram.

Dari koordinasi Dinas Perdagangan dengan Bulog Divre Sulsel diketahui, ternyata Sulsel tidak punya stok bawang putih sama sekali. Untuk stok gula pasir, masih ada sekitar 16 ton.

"Kita cari  solusi untuk mentabilitaskan kembali harga dengan menjaga stok juga," ujar Hadi Basalama, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sulsel.

Ia manambahkan, untuk menstabilkan harga kedua komoditas tersebut pihaknya akan melakukan OP di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel.

"Sebagai penanggung jawab akan dilakukan oleh Dinas Perindag Kota. Sedangkan untuk kabupaten/kota, khususnya Bulukumba, Parepare, Palopo dan Bone, akan dibantu fasilitasi," lanjut Hadi Basalama.

Terkait dengan strategi jangka panjang untuk mengatasi terbatasnya ketersediaan gula pasir dan bawang putih, Hadi Basalamah mengatakan, telah menjalin kerja sama dengan kementerian dan produsen untuk memprioritaskan importasi.

"Kita berharap ada importir bawang putih yang bisa kita rekomendasikan ada di Sulset, kalau gula kan sudah banyak," tutup Hadi.(OL-13)

 

BERITA TERKAIT