11 February 2020, 20:46 WIB

Pemkot Depok Ingatkan Jangan Alergi terhadap Wartawan


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

WAKIL Wali Kota Depok, Jawa Barat Pradi Supriatna mengingatkan pejabat daerah di kotanya tidak boleh alergi kepada wartawan. Karena wartawan mitra dari pemerintah.

Penegasan itu disampaikan disela acara Syukuran Hari Pers Nasional (HPN) Ke-74 di Kantor PWI Kota Depok, Jalan Melati Raya, Pacoranmas, Senin (10/2).

Pradi mengungkapkan perihal tersebut setelah dirinya mendapat keluhan kalau banyak pejabat daerah di Kota Depok alergi kepada wartawan.

Wartawan kerap mengkonfirmasi berita, baik telpon langsung maupun pesan whatsaap. Tapi pejabat yang dikonfirmasikan tak mau melayani. Bahkan mematikan ponselnya agar tak dihubungi lagi.

Menurut Pradi, pejabat wajib melayani wartawan karena hal itu ada undang-undangnya. Dimana salah satu regulasi kewajiban semua pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyampaikan informasi kepada wartawan yang menjadi penghubung anrara masyarakat dan pemerintah.

Sehingga, lanjutnya pelayanan kepada masyarakat lebih berkembang dan berkelanjutan dan cepat teratasi.

Pradi juga menngatkan pejabat OPD harus siap diteplon wartawan sehari minimal 5 jam untuk menyampaikan berbagai program pembangunan yang ditangani OPD.

"Saya harapkan agar semua pejabat OPD bisa melayanu telpon wartawan. Karena peran wartawan sangat penting untuk mengonfirmasi sesuatu, makanya pejabat daerah harus siap ditelpon minimal 5 jam," harapnya.

Penegasan Pradi itu, merujuk Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahyo Kumolo, yang disampaikan di acara HPN Ke 74 di Kalimantan Selatan, Minggu (9/2). (OL-13)

BERITA TERKAIT