11 February 2020, 20:40 WIB

Pemkot Cirebon Tata Kawasan Kumuh


Nurul Hidayah | Nusantara

PEMERINTAH Kota Cirebon Jawa Barat (Jabar) lakukan penataan kawasan kumuh mulai tahun ini.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Anwar Sanusi mengatakan, penataan yang masuk program kota tanpa kumuh (Kotaku) akan dilakukan terlebih dahulu di dua kawasan di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk.

''Lingkungan termasuk drainase nanti ditata, bahkan mobil termasuk mobil damkar juga bisa masuk ke pemukiman penduduk,'' ungkap Anwar, Selasa (11/2).

Menurut Anwar penataan tersebut diharapkan bermanfaat bagi masyarakat. Dikarenakan lingkungan yang sehat, yang tidak kumuh juga akan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Namun Pemkot Cirebon juga menyadari jika setiap penataan kawasan akan ada dampak yang ditimbulkan. Karena itu pihaknya terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi terhadap warga yang terkena dampak.

''Jangan sampai masyarakat Panjunan akan menerima kabar yang simpang siur, tidak jelas kebenarannya,'' katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Eddy Krisnowanto menjelaskan, jika penataan Kotaku tahun ini akan dilakukan di RW 01 dan RW 10 Kelurahan Panjunan, Kota Cirebon. Dengan anggaran sekitar Rp10 miliar penataan yang akan dilakukan diantaranya peningkatan jalan, peningkatan drainase, peningkatan jembatan, pembuatan TPS 3R, pembuatan IPAL komunal, pedestrian, ruang terbuka publik, pekerjaan proteksi kebakaran dan lainnya.

''Dananya dari Kementerian PUPR, kita hanya menerima,'' ungkap Eddy. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT