11 February 2020, 23:00 WIB

Daihatsu Ekspansi Jaringan


Raja Suhud | Ekonomi

DAIHATSU memastikan tahun ini akan memiliki jaringan penuh di seluruh Indonesia dengan membuka outlet baru di Provinsi Maluku Utara. Penambahan outlet baru itu merupakan bagian dari program ekspansi Daihatsu untuk merambah pasar otomotif di Tanah Air.

“Kita tetap optimistis pasar otomotis nasional berkembang. Kita akan perluas network di seluruh provinsi. Maluku Utara kita buka di tahun 2020 ini sehingga tuntas ada di 34 propinsi,” ujar Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso kepada wartawan di sela-sela ajang Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 di Jakarta, Selasa (11/2).

Hendrayadi menjelaskan, sampai akhir 2019 lalu, jumlah outlet Daihatsu mencapai 251 outlet. Dari jumlah itu, sebanyak 65% adalah outlet berstandar 3S (sales, service, and spareparts) atau memiliki layanan penjualan, perawatan, dan suku cadang. Sisanya, 35% outlet yang hanya melayani penjualan.

Tahun ini, Daihatsu akan me­nam­­bah enam outlet baru, terma­suk di Maluku Utara. Sehingga total outlet akan mencapai 257 dengan standar 3S di atas 65%.

Tahun ini Daihatsu memiliki target mempertahankan posisi di nomor dua penjualan otomotif nasional dengan pangsa pasar sekitar 17%.

Berdasarkan data Gaikindo, sepanjang Januari hingga Desember 2019, dari total penjualan ritel otomotif nasional sebanyak 1.043.017 unit, Daihatsu berada di urutan kedua dengan penjualan 177.588 unit atau meraih pangsa pasar 17%.


Kualitas Bengkel

Hendrayadi menambahkan, saat membeli kendaraan, selain aspek kualitas produk, konsumen juga memperhatikan kualitas la­­yanan purna jual, termasuk di dalamnya kualitas bengkel atau servis. Kontes kemampuan mekanik yang digelar secara rutin oleh Daihatsu, merupakan upaya mempertahankan dan me­ningkatkan kualitas layanan purna jual.

Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 yang digelar kali ini diikuti 2009 peserta dari seluruh bengkel Daihatsu di In­do­nesia.

“Melalui kontes ini, konsumen memahami bahwa kualitas bengkel resmi Astra dan diler memiliki kualitas dan standar yang sama,” ujar dia.

Pada kesempatan yang sama, After Sales Service Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Lili Herman mengatakan, kemampu­an teknisi memiliki dampak signifikan terhadap penjualan kendaraan.

Ia menambahkan, tingkat ke­per­cayaan konsumen terhadap teknisi di bengkel Daihatsu dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal itu bisa dilihat dari terus bertambahnya mobil yang masuk ke bengkel Daihatsu.

Ia mencontohkan, tahun lalu saja total populasi kendaraan Daihatsu bertambah 5%, namun jumlah kendaraan yang masuk ke bengkel Daihatsu meningkat sebesar 6% atau lebih tinggi dari pertumbuhan populasi mobil Daihatsu. “Ini salah satu parameter bahwa bengkel kita memang berkualitas,” tuturnya.

Sementara itu, Technical Service Division Head ADM Anjar Rosjadi mengatakan, final ajang adu skill para teknisi terbaik Daihatsu se-Indonesia bertajuk Daihatsu National Technical Skill Contest 2020 akah berlangsung 10-11 Februari 2020 di Daihatsu Technical Training Center, Sunter, Jakarta.

Tujuannya meningkatkan ke­mam­puan teknisi Daihatsu agar dapat meningkatkan kepuasan pe­langgan dari segi pelayanan, hingga kualitas pengerjaan yang andal.

“Kontes tahun ini merupakan yang ke-29 kalinya sejak kami adakan pada 1985. Kontes ini juga merupakan hasil inovasi Daihatsu, yang mengasah keterampilan individu dan kekompakan tim,” kata dia. (E-3)

BERITA TERKAIT