11 February 2020, 14:15 WIB

Tiongkok Luncurkan Aplikasi Pendeteksi Virus Korona


Nur Aivanni | Internasional

TIONGKOK telah meluncurkan aplikasi yang memungkinkan orang untuk memeriksa apakah mereka berisiko terkena virus korona.

Aplikasi 'pendeteksi kontak dekat' tersebut memberi tahu pengguna jika mereka berada di dekat seseorang yang telah dikonfirmasi atau diduga terinfeksi virus korona.

Orang yang diidentifikasi berisiko terinfeksi virus korona disarankan untuk tetap di rumah dan memberi tahu otoritas kesehatan setempat. Teknologi tersebut menyoroti pengawasan ketat pemerintah Tiongkok terhadap populasinya.

Untuk melakukan pemeriksaan, pengguna memindai kode Quick Response (QR) pada ponsel mereka dengan menggunakan aplikasi seperti layanan pembayaran Alipay atau platform media sosial WeChat.

Setelah aplikasi baru terdaftar dengan nomor telepon, pengguna diminta untuk memasukkan nama dan nomor ID mereka. Setiap nomor telepon yang terdaftar kemudian dapat digunakan untuk memeriksa status hingga tiga nomor ID.

Aplikasi tersebut dikembangkan bersama oleh departemen pemerintah dan kelompok perusahaan teknologi elektronik Tiongkok serta didukung oleh data dari otoritas kesehatan dan transportasi, menurut kantor berita pemerintah Xinhua, seperti dikutip dari BBC, Selasa (11/2).

Pemerintah Tiongkok mendefinisikan 'kontak dekat' sebagai sesuatu yang mendekati, tanpa perlindungan yang efektif, dikonfirmasi, dicurigai atau kasus-kasus ringan dari virus korona ketika orang tersebut sakit, bahkan jika mereka tidak menunjukkan gejala pada saat itu. (BBC/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT