11 February 2020, 13:45 WIB

Timnas Basket AS Mulai Seleksi Pemain untuk Olimpiade 2020


Alfa Mandalika | Olahraga

TIMNAS bola basket Amerika Serikat (AS) mulai menyeleksi pemain untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Nama-nama pemain macam LeBron James, Kawhi Leonard, dan James Harden masuk dalam daftar 44 nominator untuk mengisi 12 nama di tim bola basket putra AS.

Tim Bola basket AS mengumumkan para kandidat pada Senin (10/2). Di antara mereka, termasuk sembilan anggota tim Olimpiade AS 2016 dan tujuh nama eks tim Olimpiade 2012. Kedua tim itu memenangi medali emas.

Daftar nama tim finla akan segera diumumkan. Olimpiade 2020 akan diadakan di Tokyo mulai 24 Juli hingga 9 Agustus. Pertandingan final bola basket putra dijadwalkan digelar pada 8 Agustus.

"Komitmen, keinginan, dan kegembiraan semua atlet kami untuk mewakili negara mereka sangat luar biasa," kata Direktur Pelaksana Bola Basket AS Jerry Colangelo dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Williams dan George Antar Clippers Tekuk Cavaliers

"Semua finalis adalah atlet sangat berbakat yang menawarkan kepada kita fleksibilitas dan kemampuan luar biasa, dan tim finalis akan menampilkan sejumlah pemain dari mereka yang sangat berpengalaman dan berprestasi dalam bola basket internasional hingga pemain yang akan menjadi bintang internasional masa depan," katanya.

Ke-44 nominator memiliki pengalaman di NBA. James, peraih tiga medali Olimpiade, memiliki pengalaman internasional terbanyak dengan memainkan 68 pertandingan.

"Selama sisa musim NBA kami akan terus memantau semua atlet," kata Colangelo.

"Memilih daftar 12 nama pemain AS jelas merupakan proses yang sangat menantang dan sulit. Kami akan berusaha memilih tim terbaik yang akan mewakili negara kami dan diharapkan berhasil dalam misi sulit mengulang sebagai juara Olimpiade keempat berturut-turut," sambungnya.

Tercatat, ada 12 negara akan bersaing di Olimpiade 2020. Hingga kini, tim yang memenuhi syarat adalah AS, tuan rumah Jepang, Argentina, Australia, Prancis, Iran, Nigeria, dan Spanyol.

Tim AS akan dilatih pelatih San Antonio Spurs Gregg Popovich yang menggantikan pelatih Duke Mike Krzyzewski. Asisten pelatih adalah Steve Kerr (Golden State Warriors), Lloyd Pierce (Atlanta Hawks) dan Jay Wright (Villanova). (OL-1)

BERITA TERKAIT