11 February 2020, 10:45 WIB

Sumur Resapan di Monas Bakal Dievaluasi


Cindy Ang | Megapolitan

DINAS Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta akan mengevaluasi sumur resapan yang berada di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Pasalnya, sumur resapan di sana tidak berfungsi optimal sehingga menyebabkan banjir.

"Sebenarnya sumur resapan tujuannya untuk mengurangi genangan. Di beberapa tempat terbukti. Nanti kami evaluasi," kata Kepala Dinas SDA Juaini Yusuf di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (11/2).

Juaini menuturkan sumur resapan terbukti efektif di sejumlah tempat seperti badan jalan. Dia menduga genangan di Monas akibat sumur resapan di sana tidak disambungkan dengan saluran air.

"Memang sebenarnya harus disalurkan melalui saluran. Misalnya seandainya dia melebihi volume sumur resapan itu, harusnya dibuang ke saluran," ucap Juaini.

Baca juga: Dinas SDA Evaluasi Saluran di Monas

Juaini melanjutkan saluran air di Monas sudah terpasang namun belum diketahui kondisi saluran tersebut. Apakah banyak sampah maupun lumpur yang tertimbun di dalam saluran itu.

Dinas SDA akan mengecek ulang sumur resapan dan saluran air di Monas. Mereka akan menelusuri penyebab genangan tak surut secara cepat.

"Kami akan mengecek ulang. Apakah kondisinya seperti itu. Kami lihat apakah ada yang disambungkan ke saluran atau tidak. Kalau kami sudah cek, akan kami periksa yang detail," ujar Junaini.

Beberapa titik di kawasan Monas, Jakarta Pusat tergenang akibat hujan deras pada Sabtu (8/2). Diduga genangan terjadi karena sumur resapan yang tidak efektif menampung air hujan.

BERITA TERKAIT