11 February 2020, 07:49 WIB

Kapolri Mutasi 8 Kapolda


Kautsar Bobi | Politik dan Hukum

KAPOLRI Jenderal Idham Aziz memutasi delapan Kapolda dan sejumlah perwira tinggi (pati). Mutasi tersebut berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/385/II/KEP./2020 tertanggal Senin, 3 Februari 2020.

"Demi Allah, saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indomesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Idham diikuti Pati Polri yang melakukan Sertijab di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (11/2).

Dalam surat telegram itu tertera Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Did Haryono dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Kapolda Kalbar akan dijabat Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto yang saat ini menjabat Kapolda Sulawesi Utara (Sulut).

Baca juga: Andre Rosiade Dilaporkan ke Polisi

Sementara, posisi Kapolda Sulut akan dijabat Irjen Royke Lumowa yang saat ini menjabat Kapolda Maluku. Selanjutnya, jabatan Kapolda Maluku akan diisi Brigjen Baharudin Djafar yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar).

Sementara Kapolda Sulbar akan dijabat Brigjen Eko Budi Sampurno. Kemudian, Kapolda Jambi Irjen Muchlis dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Dia akan digantikan Irjen Firman Shantyabudi.

Sedangkan Kapolda Aceh Irjen Rio Septianda Djambak diangkat sebagai Kasespim Lekdiklat Polri. Posisinya akan digantikan Brigjen Wahyu Widada yang saat ini menjabat Kapolda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo akan dijabat Brigjen Adnas yang saat ini merupakan Wakapolda Sulawesi Selatan (Sulsel). Wakapolda Sulsel akan dijabat Brigjen Halim Pagarra.

Lalu, Wakapolda Kalimantan tengah (Kalteng) Brigjen Rikwanto akan menjabat Kapolda Maluku Utara. Wakapolda Kalteng akan diisi Brigjen Indro Wiyono.

Selanjutnya, mutasi juga terjadi pada posisi Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri. Kadiv Hubinter Irjen Maltha dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya akan digantikan Brigjen Napoleon Bonaparte yang saat ini menjabat Ses NCB Interpol Indonesia Divhubinter. (OL-1)

BERITA TERKAIT