11 February 2020, 07:50 WIB

Sempat Terjadi Kericuhan, Zulkifli Hasan Akhirnya Daftarkan Diri


Abdul Halim Ahmad | Politik dan Hukum

ARENA Kongres V PAN di Hotel Claro, Ken­dari, sempat ricuh setelah ­sekelompok ­orang meminta panitia menghentikan proses pendaftaran peserta kongres yang seharusnya ditutup pukul 12.00 Wita.

“Tutup segera pendaftarannya, kami minta segera ditutup karena melewati batas waktu,” kata sejumlah orang.

Awalnya sekelompok orang yang ada di lantai dasar hotel tiba-tiba naik ke lantai dua, tempat pendaftaran peserta kongres. Lalu mereka berteriak bahwa pendaftaran peserta seharusnya hanya dilakukan pukul 08.00-12.00 Wita. Namun, hingga pukul 14.30, pendaftaran peserta masih dibuka panitia.

Mereka pun melemparkan bangku yang ada di depan meja registrasi di lantai dua Hotel Claro. Aparat kepolisian yang bersiaga berhasil mendesak kelompok massa tersebut untuk turun ke lantai dasar hotel tempat Kongres PAN berlangsung.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PAN ­Zulkifli Hasan resmi mendaftar sebagai bakal calon ketua umum periode 2020-2025 di arena Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, kemarin sore, pukul 16.00. ­Zulkifli mengatakan sebenarnya dia tidak ­ingin mencalonkan diri sebagai ­ketua umum lagi. Namun, menurut dia, sebanyak 30 DPW PAN ­memintanya mencalonkan diri kembali.

“Lima tahun itu lebih dari cukup. Namun, dalam perkembangan didaulat 28 DPW, lalu menjadi 30 DPW datang ke kediaman saya, mendaulat dengan berbagai pertimbangan,” ungkapnya. 

Anggota Steering Commitee (SC) Kongres PAN, Wa Ode Nur Zainab, mengatakan setiap peserta ­kongres yang tidak mendaftar bakal ­didiskualifikasi dari kepesertaan kongres.

“Karena peraturannya jelas dan tempatnya ada di arena kongres,” katanya.

Wa Ode juga menjelaskan bahwa jadwal pendaftaran peserta sudah ditetapkan SC berdasarkan kesepakatan bersama, yaitu pada 10 Februari 2020 pukul 12.00 Wita.

“Peserta kongres diharuskan membawa kartu tanda penduduk (KTP), dan kartu tanda anggota (KTA) beserta surat mandat dari pemilik suara kalau diwakilkan. Kita harus tegakkan aturan,” tegasnya.

Untuk diketahui, tiga calon Ketua Umum DPP PAN mendaftar pada Sabtu (8/2) lalu di Kantor DPP PAN, Jakarta. Ketiganya ialah Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Dradjad Wibowo. (HM/Ant/P-4)

BERITA TERKAIT