11 February 2020, 08:15 WIB

Piala Oscar 2020 Minim Penonton


Basuki Eka Purnama | Hiburan

PERHELATAN Piala Oscar 2020 mencatatkan rekor jumlah penonton tersedikit sepanjang sejarah dengan hanya 23,6 juta orang menonton siaran langsung di stasiun televisi ABC,

Pemberian penghargaan untuk insan perfilman yang digelar di Hollywood itu pada Senin (10/2) WIB itu juga mencetak sejarah ketika Parasite menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang meraih penghargaan Film Terbaik.

Namun, jumlah penonton yang menyaksikan siaran langsung televisi Piala Oscar turun jauh dari raihan tahun lalu, sebanyak 29,6 juta penonton.

Untuk tahun kedua secara beruntun, perhelatan Piala Oscar digelar tanpa pembawa acara. Hal itu dilakukan dengan harapan bisa meraih sukses seperti tahun sebelumnya.

Baca juga: Bong Joon Ho: Parasite dan Sejarah Asia di Oscar

Namun, faktanya, hal itu tidak terjadi. Perhelatan Piala Oscar tahun ini menuai kritik meski kemenangan Parasite mendapatkan pujian.

Jumlah penonton hampir semua acara penghargaan, termasuk Piala Oscar, menurun terus selama beberapa tahun terakhir, jauh dari raihan tertinggi 43 juta pada 2014.

Perhelatan Piala Oscar tahun ini juga diktirik karena gagal menominasikan kelompok minoritas di kategori kunci. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT