10 February 2020, 23:18 WIB

Pendidikan yang Baik Tonggak Indonesia Maju


Syarief Oebaidillah | Humaniora

SISTEM pendidikan yang baik menjadi salah satu dasar terbentuknya Indonesia maju yang jadi misi Presiden Joko Widodo. ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Budi S Tanuwibowo mengatakan, pembangunan manusia adalah modal untuk mencapai Indonesia maju.

karena itulah, kata Budi, format pendidikan yang tepat, yaitu menggabungkan pendidikan karakter, fisik, sains, seni, dan manajemen adalah sistem yang tepat.

Pendidikan yang baik, lanjutnya, selaras dengan pepatah sabda Kongzi yang dipercaya agama Konghucu yang berbunyi Pemerintahan yang Baik belum Sebanding dengan Pendidikan yang Baik.

Baca juga : Menag Ingatkan Soal Toleransi di Perayaan Imlek MATAKIN

Ia menjelaskan, pemerintahan yang baik masih bisa menimbulkan rasa takut pada rakyat. Namun, pendidikan yang baik akan membuat rakyat bangkit harga dirinya dan percaya pada kemampuan dirinya.

"Bekerja sama, berkolaborasi untuk kebaikan bersama dengan keyakinan bahwa dengan persatuan yang kokoh, dimulai dari keluarga-keluarga akan membuat Indonesia maju. Keluarga kokoh, negara sejahtera," kata Budi dalam keterangan tertulisnya saat perayaan Imlek Kongzili 2571 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang hadir dalam perayaan imlek itu mengatakan, salah satu pendidikan karakter yang perlu ditekankan ialah merawat kebhinekaan dalam keberagamabn. Hal itu tercermin juga dalam tema Imlek di Kemendikbud yang bertajuk "Merawat Kebinekaan, Menjaga Ke-Indonesiaan." (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT