11 February 2020, 06:00 WIB

Kreasi La Pulga Menangkan Barcelona


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

KETIKA mandul dalam menjebol gawang lawan, megabintang Barcelona Lionel Messi­ mengalihkan peran sebagai pembuat assist. Pengumpan yang membuahkan gol itu dilakukan La Pulga--julukan Messi--saat membawa Azulgrana menang 3-2 dalam laga tandang La Liga melawan Real Betis di Stadion Benito Villamarin, Sevilla, kemarin dini hari WIB.

Tiga gol the Catalans merupakan kreasi Messi yang dituntaskan Frenkie de Jong (9’), Sergio Busquets di akhir babak pertama, dan gol penentu kemenangan Clement Lenglet (72’). Gol yang memupus dua kali keunggul­an Betis melalui penalti Sergio Canales (6’) dan tandukan Nabil Fekir (26’).

Sebelumnya, Messi melepaskan 11 kali tendangan ke gawang dan tak satu pun yang menjadi gol ketika takluk 0-2 dari Valencia, Sabtu (25/1). Perubahan peran dilakukan ketika menang 2-1 atas Levante (3/2), dengan memborong 2 assist, setelah 10 tendangan ke gawang yang dia lakukan gagal membuahkan gol.  

Kini melalui umpan matang Messi, Barca mampu lepas tekanan tercecer enam poin dari pemuncak klasemen Real Madrid yang beberapa jam sebelumnya unggul 4-1 atas Osasuna. Kemenangan atas Betis membuat Barca mengoleksi 49 poin, tetap berjarak tiga angka dari seteru abadinya itu.

Gelandang andalan Barcelona, Sergi Roberto, mengaku lega kini timnya kembali ke jalur kemenangan di laga tandang. “Yang penting adalah menang lagi di laga yang jauh dari rumah.”

The Catalans memang harus berterima kasih ekstra kepada Messi. Pasalnya, Messi menjadi pembeda di lapangan dan mampu memimpin di lini depan.

“Saya benar-benar menyukai tim ini. Ada hal-hal yang bisa kita lakukan dengan lebih baik, tapi nyatanya tidak. Namun, dengan hasil ini saya tetap senang,” ucap pelatih Barcelona, Quique Setien, seusai laga.

Setien juga mengakui bahwa Betis mampu menyulitkan skuadnya. “Mereka banyak menekan kami. Tim kami benar-benar harus menekan, tetapi mereka memiliki pemain dengan banyak kemampuan,” ujar Setien mengenai laga yang diwarnai kartu merah untuk Fekir di menit ke-76 dan Lenglet, 3 menit berselang.

Di bagian lain, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane meminta Isco mencetak gol lagi. Gelandang Spanyol itu mencatatkan gol pertama di La Liga ketika Los Blancos menang 4-1 atas Osasuna. Gol krusial pada menit ke-33 menjadi penyama skor setelah El Real kebobolan dulu akibat ulah Unai Garcia (14’).

“Saya kira tidak ada yang berubah. Isco adalah pemain penting dalam skuad ini,” kata Zizou memuji penampilan pemain berusia 27 tahun itu. Setelah Isco, Madrid mencetak tiga gol keunggulan yang dilesakkan Sergio Ramos (38’), Lucas Vazquez (84’), dan ditutup Luka Jovic di injury time.

Bertakhta di Italia

Di Serie A Italia, Inter Milan menjadi penguasa Kota Milan dengan mengalahkan AC Milan 4-2 pada derbi Milan, kemarin dini hari WIB.

Inter Milan kini bertakhta sebagai pemuncak klasemen sementara Liga Italia dengan 54 poin, unggul selisih gol atas juara bertahan Juventus.

Berposisi sebagai tuan rumah di Derby della Madonnina, anak asuh Antonio Conte kebobolan dua gol di 45 menit pertama, sebelum membalas dengan empat gol di babak kedua.

Keunggulan dari gol Ante Rebic dan Zlatan Ibrahimovic mampu dibalas Nerazzurri dengan gol Marcelo Brozovic, Matias Vecino, Stefan de Vrij, dan Romelu Lukaku.

Ibra--sapaan Ibrahimovic--terpukul dengan kekalahan itu. “Sulit untuk menjelaskan apa yang terjadi,” katanya. (AFP/Marca/Skysports/R-2)

BERITA TERKAIT