10 February 2020, 20:56 WIB

Kejagung Periksa 9 Saksi dan Satu Tersangka Jiwasraya


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KEJAKSAAN Agung berupaya menggali lebih dalam keterangan saksi dan tersangka untuk pendalaman rasuah PT Asuransi Jiwasraya. Selain memeriksa sembilan saksi, dalam penyidikan kasus ini juga memanggil seorang tersangka.

"Siapapun pihak-pihak yang terkait dalam perkara ini masih akan terus dilakukan pemeriksaan baik sebagai saksi maupun ahli. Itu guna mencari fakta hukum serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tindak pidana yang terjadi serta mengungkap peristiwa yang sebenarnya,"papar Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono, di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (10/2).

Menurut dia, tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus melakukan pemeriksaan sembilan orang saksi dan pemeriksaan seorang tersangka terkait dugaan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT. Asuransi Jiwasraya.

Kesembilan saksi yang dimaksud adalah Direktur Equaily PT. Lotus Andalan Sekuritas Alwi Halim, General Manajer Operasional dan Pelayanan PT. Asuransi Jiwasraya Danang Suryono, eks Dir. Pemasaran PT. Asuransi Jiwasraya De Yong Adrian, Kepala Divisi Management Resiko PT. Asuransi Jiwasraya Supardi Sudiro, eks General Manajer Teknis PT. Asuransi Jiwasraya Puti Sutama, Direktur PT. SMRU J Wahyoedi Hidayat, penanggung jawab sementara Kepala Divisi Keuangan dan Investasi PT. Asuransi Jiwasraya Agustin Widhiastuti, Direktur Independent PT. Angkasa Karyatama Devi Henita dan Direktur Independent PT Hanson Internasional Tbk Adnan Tabrani.

"Sedangkan tersangka yang dimintai keterangannya pada hari ini adalah atas nama Tersangka Benny Tjokrosaputro," kata dia.

Pemeriksaan terhadap tersangka Benny Tjokrosaputro dan beberapa pemeriksaan saksi sampai saat ini masih berlangsung sejak kedatangan pagi dan siang tadi. Tujuannya untuk keperluan penyidikan dan memastikan perkara ini terang benderang.

"Kemudian sampai hari ini belum ada penetapan tersangka baru dalam perkara pada PT Asuransi Jiwasraya selain 6 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka," pungkasnya.

Total tersangka kasus PT Asuransi Jiwasraya menjadi enam orang yakni Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya Hendrisman Rahim; mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan; Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (Tram), Heru Hidayat; Komisaris PT Hanson Internasional Tbk, Benny Tjokrosaputro; mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya, Harry Prasetyo; dan Direktur PT Maxima Integra Investama, Joko Hartono Tirto. (OL-4)

BERITA TERKAIT