10 February 2020, 18:37 WIB

Polisi Periksa Pemilik Indekos Roboh


Tri Subarkah | Megapolitan

KAPOLSEK Mampang Prapatan, Kompol Sujarwo, menyebut pihaknya sudah memeriksa pemilik indekos yang roboh di RT 003 RW 007, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan sebagai saksi. Dari hasil pemeriksaan tersebut, polisi belum menyimpulkan terdapat kelalaian.

"Ya, saya pikir sejauh ini nggak dikatakan lalai. Sebenarnya yang paling tepat kontrolnya pemda. Itu kan ada bangunan begitu, ternyata nggak kuat konstruksinya. Itu juga nggak ada izin mendirikan bangunannya," kata Sujarwo saat dikonfirmasi, Senin (10/2).

Baca juga: Polisi yang Dicekik Tohap Silaban akan Diganjar Penghargaan

Oleh sebab itu, lanjut Sujarwo, pihaknya menutup kemungkinan sang pemilik indekos sebagai tersangka dalam peristiwa tersebut. Sujarwo menyebut sejauh ini penyebab dari ambruknya indekos itu disebabkan karena konstruksi bangunan yang tidak kuat menahan toren air.

Terpisah, Camat Mampang Prapatan, Djaharudin, mengatakan pihaknya baru melakukan pembersihan sampah-sampah di lokasi kejadian. Selain itu, ia juga mengerahkan petugas keamanan di sekitar lokasi.

"Menempatkan anggota supaya masyarakat yang tidak berkepentingan jangan dulu masuk karena masih ada barang milik penghuni," ujar Djaharudin.

Penghuni indekos yang roboh untuk sementara waktu ditampung oleh pemilik indekos di kosannya yang lain. Sementara, pihak kecamatan mengimbau penghuni yang tinggal di sekitar indekos yang ambruk untuk mengungsi ke tempat yang aman.

Untuk menghindari kejadian serupa tidak terulang, Djaharudin mengatakan, pihaknya akan mengecek IMB indekos di wilayahnya. "Kami akan programkan dengan perangkat kami bekerjasama dengan tiga pilar Kecamatan Mampang Prapatan, Polsek, Koramil dan perangkat kecamatan," tandasnya.

Diketahui, indekos tigs lantai di Jalan Bangka Barat IV roboh pada Sabtu (8/2) sekirs pukul 05.15 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (OL-6)

BERITA TERKAIT