10 February 2020, 17:25 WIB

WNI Diimbau Keluar dari Tiongkok lewat Negara Ketiga


Antara | Internasional

WARGA negara Indonesia (WNI) di Tiongkok yang ingin pulang ke Indonesia disarankan melalui negara ketiga untuk transit, menyusul telah dihentikannya penerbangan langsung ke dan dari daratan China di tengah meningkatnya dampak wabah virus corona.

"Kalau ingin kembali ke Indonesia bisa melalui negara ketiga. Masih ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ke Tiongkok, bisa melalui Malaysia, Thailand," kata Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun dalam telekonferensi di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, hari ini.

Djauhari mengatakan pada Senin ini, KBRI di Beijing telah memfasilitasi 21 WNI yang ingin pulang dari Tiongkok. Para WNI tersebut akan transit di negara lain sebelum tiba di Indonesia.

Para 21 WNI tersebut sudah menjalani protokol kesehatan di Tiongkok, dan dinyatakan sehat. Puluhan WNI tersebut juga bukan berasal dari daerah di Tiongkok yang berstatus lock down atau terisolasi karena terjangkit virus corona.

Setibanya di Indonesia, para WNI itu akan menjalani protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

"Kita baru memfasilitasi juga bersama-sama dengan pemerintah daerah, pemerintah daerah terkait (daerah asal WNI) itu memulangkan 21 orang dari bandara Beijing, belum yang di bandara lainnya. Mudah-mudahan sore ini sudah tiba di Jakarta," ujar Djauhari.

Menurut Djauhari per Senin ini, sudah 909 orang meninggal dunia akibat virus corona, sementara ada 40.235 orang terjangkit. Masih ada 23.589 orang yang suspect atau terduga virus corona dan menanti hasil pemeriksaan medis. Sedangkan yang sembuh ada 3.283 orang.

Data KBRI menunjukkan, masih ada 1.890 WNI di China daratan, tersebar di Beijing, Guangzhou, maupun Shanghai.

"Kami dari KBRI tetap mengimbau kepada WNI untuk menghindari keramaian umum, jaga kebersihan dan lingkungan untuk menghindari virus corona," tutur Djauhari.(OL-4)

BERITA TERKAIT