10 February 2020, 16:05 WIB

Undian Diulang, Tim Bulu Tangkis Putra Indonesia Hadapi Korsel


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

TIM bulu tangkis Tiongkok dan Hong Kong dipastikan batal berlaga pada ajang Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020.

Kedua negara tak jadi menurunkan skuadnya lantaran aturan pemerintah Filipina mengenai larangan sementara bagi para pendatang dari kedua negara tersebut di tengah wabah virus korona.

Tak adanya Tiongkok dan Hong Kong rupanya berpangaruh secara signifikan bagi Indonesia. Berdasarkan hasil undian ulang yang berlangsung Senin (10/2), tim beregu putra Indonesia kembali tergabung di grup A, namun akan menjajal lawan yang berbeda.

Sebelumnya, tim beregu putra Indonesia berada di grup A bersama India dan Filipina. Adanya undian ulang membuat Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan hanya akan menghadapi Korea Selatan di fase grup.

Sedangkan tim beregu putri tetap di grup Y bersama Thailand dan Filipina.

Kondisi tersebut memang menguntungkan bagi Indonesia, khususnya tim beregu putra. Pasalnya, baik Indonesia maupun Korea Selatan dipastikan lolos ke fase knock-out, terlepas dari hasil babak grup nanti.

Regulasi Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2020 menyebutkan bahwa hanya dua negara terbaik di masing-masing grup yang berhak lolos ke babak berikutnya.

Namun, Manajer Tim Bulu Tangkis Indonesia, Susy Susanti menilai perubahan grup ini bisa menguntungkan, tetapi bisa juga merugikan.

"Tapi dari awal kami sudah siap kalau ada perubahan seperti ini, yang penting dari tim dan individu masing-masing siap," ujar Susy.

"Di satu sisi kami bisa lebih irit tenaga. Tapi di pertandingan pertama, langsung dapat lawan yang lumayan kuat. Kami tidak boleh lengah," ujar Susy.

Hal senada diungkapkan Bambang Roedyanto selaku Kasubid Hubungan Internasional Bidang PBSI. Menurutnya, kondisi ini bisa terbilang menguntungkan khususnya bagi tim beregu putra yang langsung lolos ke babak berikutnya.

"Kondisi itu ya bisa dibilang menguntungkan, khususnya bagi tim beregu putra kita yang merupakan unggulan pertama. Kita jadi langsung lolos ke fase knock-out karena di grup kan cuma berdua," ujarnya.

Tim Indonesia dijadwalkan akan bertanding di penyisihan grup pada hari Rabu (12/2). Tim beregu putri akan bertanding lebih dulu melawan tuan rumah, Filipina. Sementara tim beregu putra akan bertarung melawan Korea Selatan di hari yang sama. (Badmintonindonesiaorg/Ykb/OL-09)

 

BERITA TERKAIT