10 February 2020, 09:54 WIB

Malaysia Konfirmasi Warga Negara Keenam Positif Virus Korona


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

MALAYSIA mengumumkan kasus virus korona keenam yang menginfeksi warga negaranya, seorang pria berusia 31 tahun yang bekerja di Makau, Senin (10/2).

Pria itu telah melakukan perjalanan ke daratan Tiongkok sebelum kembali ke Malaysia pada 1 Februari, kata Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah, dalam sebuah pernyataan pers.

Dia merasa tidak sehat dan mulai batuk pada 3 Februari. Dia kemudian memeriksakan diri ke klinik pada 4 Februari dan 6 Februari, tempat dia diberi obat.

Karena masih sakit pada 7 Februari, pasien kembali memeriksakan diri di sebuah klinik dan dirujuk ke Rumah Sakit Banting di Selangor untuk tes dan perawatan, kata Noor Hisham.

Setelah diisolasi, ia didiagnosis menderita pneumonia dan dirawat. Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan ia menderita infeksi saluran pernapasan akut yang parah dan diawasi dengan ketat.

Baca juga: WNI di Tiongkok Memilih Pulang Sementara

Dia kemudian dipindahkan ke Rumah Sakit Sungai Buloh.

Sampel yang diambil dari pasien pada Minggu (9/2) dinyatakan positif virus korona baru atau 2019-nCoV.

Otoritas terkait telah diperingatkan untuk melakukan pelatihan kontak dan tindakan pencegahan lain yang diperlukan untuk kasus ini, kata Noor Hisham.

“Saya ingin menyarankan warga di Banting agar tetap tenang. Kementerian Kesehatan telah mengambil langkah-langkah yang relevan dan akan menyampaikan informasi perkembangan terbaru," tambahnya.

Per Senin (10/2), ada 18 kasus virus korona baru yang dikonfirmasi di Malaysia, di antaranya 12 warga negara Tiongkok. (CNA/OL-1)

BERITA TERKAIT