10 February 2020, 07:30 WIB

Berbagi Steamboat, Sembilan Orang di Hong Kong Positif Korona


Basuki Eka Purnama | Internasional

SEMBILAN anggota keluarga di Hong Kong tertular virus korona setelah makan bersama steamboat. Hal itu dikonfirmasi otoritas kesehatan Hong Kong, Minggu (9/2).

Seorang pria berusia 24 tahun dan neneknya yang berusia 91 tahun merupakan yang pertama dikonfirmasi mengidap virus korona. Namun, kemudian, ayah, ibu, dua bibi, dan tiga sepupu pria itu juga terinfeksi.

Pejabat dari Pusat Perlindungan Kesehatan Hong Kong mengatakan keluarga itu merupakan bagian dari 19 orang yang berbagi steamboat saat perayaan Tahun Baru Imlek pada akhir Januari lalu.

Baca juga: Ilmuwan Berpacu Temukan Vaksin

Steamboat atau yang juga dikenal sebagai hotpot adalah kuah panas yang dimakan secara komunal dengan para peserta menambahkan berbagai bahan makanan ke dalam kuah tersebut.

Pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, Desember lalu, virus korona kini telah menginfeksi 37.200 orang di Tiongkok dan setidkanya 36 orang di Hong Kong.

Lebih dari 800 orang telah tewas di Tiongkok dan satu orang tewas di Hong Kong.

Hong Kong memberlakukan periode karantina selama 14 hari mulai Sabtu (8/2) bagi warga yang tiba dari Tiongkok dalam upaya mencegah penyebaran penyakit itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT