10 February 2020, 06:15 WIB

Indonesia Perkuat Hubungan Transportasi Udara dengan Australia


M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambangi Australia untuk bertemu Perdana Menteri Australia Scott Morrison guna memperkuat hubungan di bidang transportasi, perdagangan, perindustrian dan pariwisata.

Melalui keterangan resmi yang diterima Minggu (9/2), Menhub menuturkan, Indonesia mengusulkan beberapa hal di sektor transportasi. Di antaranya ialah pembahasan lebih lanjut soal liberalisasi akses serta kapasitas penerbangan yang akan membuka seluruh kota di Indonesia dan Australia.

Selain itu pemerintah juga mempromosikan keamanan transportasi guna mendongkrak sektor pariwisata. Indonesia, dalam hal ini meminta Australisa untuk mengubah tingkatan travel advice ke Indonesia yang semula masuk kategori tingkatan kuning (waspada risiko keamanan) menjadi hijau (tidak ada risiko keamanan khusus).

"Kami mendampingi Presiden RI berangkat ke Canbera untuk bertemu dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison, dalam rangka memperkuat kerja sama kedua negara. Salah satunya di bidang transportasi udara," ujar Budi.

Indonesia, lanjutnya, juga menginisiasi penguatan kerja sama peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia di bidang pendidikan dan pelatihan kejuruan untuk dosen atau instruktur di berbagai lembaga pendidikan di bidang transportasi.

Pelatihan teknologi di bidang maritim dan penempatan kembali Atase perhubungan di Carnbera, Australia juga menjadi hal yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. (E-3)

BERITA TERKAIT