09 February 2020, 23:20 WIB

Kans Bagus ke Olimpiade 2020 Menipis


Ykb/R-1 | Olahraga

ATLET sepeda BMX, I Gusti Bagus Saputra, mengalami cedera tak terduga saat berlatih sebelum mengikuti Kejuaraan Dunia putaran ketiga dan keempat di Bathurst, Australia, yang sedianya berlangsung 1-9 Februari. Bagus mengalami cedera ligamen engkel kanan dan harus istirahat cukup lama.

Pelatih tim BMX Indonesia, Dadang Haris Purnomo, menjelaskan, Bagus terjatuh saat berlatih akibat terpaan angin kencang. “Beberapa pembalap dari negara lain mengalami situasi yang sama,” tutur Dadang, kemarin.

Dadang menambahkan, kondisi cuaca yang tidak memungkinkan serta banyaknya pembalap yang cedera membuat ajang Kejuaraan Dunia BMX putaran ketiga dan keempat terpaksa dibatalkan. Kondisi ini membuat kans Bagus untuk lolos  Olimpiade 2020 Tokyo semakin berat. Pasalnya, kepulihan Bagus untuk bisa kembali mengaspal belum bisa dipastikan tim dokter Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI).

Jika ingin meloloskan atlet ke Olimpiade 2020 melalui peringkat negara, Indonesia harus masuk 11 besar dunia. Saat ini, Indonesia berada di 19 dunia nomor BMX. (Ykb/R-1)

BERITA TERKAIT