09 February 2020, 15:58 WIB

Jakarta Dilanda Hujan Ekstrem, Anies Siagakan Satgas


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan akan menyiagakan satuan tugas (satgas) dan pompa air untuk mengantisipasi cuaca hujan ekstrem, yang diprediksi melanda wilayah Ibu Kota sampai 13 Februari mendatang.

Anies mengatakan sejumlah pompa akan disiagakan di wilayah yang memiliki saluran penghubung ke kali maupun waduk besar.

"Untuk daerah yang memiliki curah hujan besar dan dialiri kali, di situ kita antisipasi dengan satgas dan pompa," ujar Anies saat meresmikan operasi pasar di Toko Tani Indonesia Center, Jakarta Selatan, Minggu (9/2).

Baca juga: Perlu Langkah Radikal dari Hulu dan Hilir Tangani Banjir Jakarta

Air yang menggenangi kawasan dilalui kali atau terdapat waduk di sekitarnya, akan dipompa dengan cepat. Namun, Anies tidak menjelaskan detail antisipasi genangan di wilayah jauh dari kali dan waduk.

Dia menyebut langkah untuk mengantisipasi hal tersebut dengan membersihkan saluran dan memastikan satgas bekerja optimal.

"Tapi kalau di kawasan yang sama sekali tidak ada aliran sungainya itu yang harus kita antisipasi," tukasnya.

Akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (7/2) malam hingga Sabtu (8/2) pagi, beberapa wilayah Ibu Kota terendam banjir. Saat ini, masih ada 13 RW di wilayah Jakarta Timur yang terendam banjir. Pemerintah Provinsi DKI pun menyalurkan bantuan bagi warga yang mengungsi akibat banjir.(OL-11)
 

 

BERITA TERKAIT