09 February 2020, 09:20 WIB

Putra BNI 46 Perkasa di Seri Ketiga Proliga 2020


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

TIM voli putra Jakarta BNI 46 semakin melancarkan jalan menuju final four Proliga 2020 usai meraih kemenangan atas Jakarta Garuda pada seri ketiga di Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (8/2).

Jakarta BNI 46 menandaskan perlawanan Garuda dengan skor 3-0 (25-12, 25-19, dan 25-15) di Gedung PSCC. Kemenangan Jakarta BNI 46 membawanya ke peringkat kedua dengan raihan sembilan poin.

Skuad besutan Samsul Jaiz itu menggeser dua tim sekaligus, yakni Surabaya Bhayangkara Samator (SBS) dan Palembang Bank SumselBabel (PBS) yang masing-masing punya tujuh poin.

Jakarta BNI 46 langsung tampil menggebrak pada set kesatu. Dimotori sang kapten, Dio Zulfikri, Jakarta BNI 46 memporak-porandakan pertahanan Garuda. Alhasil, Jakarta BNI 46 memenangi set kesatu dengan skor telak.

Baca juga: Putri Bandung BJB Tundukkan Gresik Petrokimia

Samsul memutuskan mengistirahatkan pemain-pemain intinya dan memberi kesempatan para pemain cadangan untuk bermain di set kedua.

Meski sempat tampil gugup, skuad lapis kedua asuhan Samsul tetap bisa mengamankan kemenangan set kedua dengan skor 25-19.

Memasuki set ketiga, para pemain cadangan Jakarta BNI 46 mulai menguasai lapangan. Hasilnya, mereka mengunci kemenangan dengan skor 25-15.

"Saya memang sengaja melakukan rotasi pemain pada poin ke-16 set kedua. Hal ini dilakukan untuk memberi waktu bermain kepada pemain cadangan supaya mereka bisa terbiasa dengan atmosfer pertandingan," ucap Samsul seusai laga.

Ia pun sengaja memberi waktu istirahat untuk pemain-pemain inti karena besok timnya masih bertanding melawan Palembang Bank SumselBabel.

Sementara pelatih Jakarta Garuda Eko Waluyo mengatakan, sejak awal, timnya sudah diberi instruksi untuk tidak memikirkan menang-kalah. Namun, kalah pengalaman membuat Jakarta Garuda harus keok di laga derbi.

"Anak-anak tadi malah jadi pusing sendiri mau main apa karena sudah tahu kekuatan tim lawan," kata Eko.

Dengan kekalahan ini. Jakarta Garuda sudah tidak lagi punya pertandingan tersisa pada seri ketiga putaran pertama Proliga 2020. Sementara Jakarta BNI 46 bakal menghadapi tim tuan rumah, Palembang Bank SumselBabel, pada laga terakhir seri di tanah Wong Kito, Minggu (9/2). (proliga/OL-1)

BERITA TERKAIT