08 February 2020, 18:22 WIB

Mulyadi Gandeng Kapolri untuk Pilkada Sumbar Damai


Yose Hendra | Nusantara

DALAM gelaran Pilkada Sumbar tahun 2020, anggota DPR RI, Mulyadi menggandeng langsung Kapolri Jenderal Pol Idham Azis untuk menciptakan Pilkada Sumbar damai. Mantan Wakil Ketua Komisi III Mulyadi menyatakan Polri akan mengawal ketat penyelenggaraan pilkada tahun 2020.

"Pak Kapolri Idham Azis menepati komitmennya untuk tetap bersifat netral dalam pilkada mendatang, ketika tes kelayakan di DPR RI, saya menanyakan komitmen Pak Kapolri dalam penyelenggaraan pilkada," ujar Mulyadi, di Padang, Sumbar, Sabtu (8/2).

Ia juga berpesan agar Kapolri Idham Aziz mempertahankan kinerjanya yang dinilai sudah sejalan dengan kepentingan masyarakat. Apalagi, setelah Idham Azis menjabat, konsolidasi secara nasional terus dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Kinerja polri sudah sesuai prosedur dan jika perlu lebih ditingkatkan agar menjadi legacy (warisan) yang baik untuk penerusnya nanti," harap Mulyadi.

Sementara, Kapolri Idham Azis memastikan anggotanya akan bersifat netral dalam menghadapi pilkada serentak tahun 2020. Ia menegaskan, Polri akan berupaya maksimal untuk menjaga keamanan dan stabilitas pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Pihaknya juga akan mengawal secara ketat dan menindak tegas bagi pelaku penyebar hoaks, fitnah dan ujaran kebencian. Ini bertujuan agar penyelenggaraan pilkada berjalan kondusif dan berkualitas.

"Saya pastikan Polri akan tetap netral, tidak boleh ada anggota Polri berpolitik selama masih memakai atribut Polri," ujar Idham Azis.

"Kami akan tindak tegas bagi penyebar hoaks, fitnah dan penyebar kebencian, komitmen kita menjaga stabilitas dan keamana agar pilkada nanti berjalan kondusif," tandasnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT