08 February 2020, 18:45 WIB

AS Tunggu Lampu Hijau sebelum ke Tiongkok


Retno Hemawati | Internasional

PARA ahli penyakit menular Amerika Serikat, termasuk pejabat pemerintah, sedang menunggu lampu hijau sebelum memasuki Tiongkok. Mereka ke Tiongkok untuk membantu negara itu melawan wabah virus korona.

Mereka telah tercantum dalam daftar usulan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menurut juru bicara Kedutaan Besar AS kepada Reuters, Sabtu (8/2).

Tiongkok setuju mengizinkan WHO membentuk tim ahli untuk diberangkatkan ke negeranya guna mempelajari virus tersebut sekaligus mencari solusi wabah virus korona, katanya. "Amerika Serikat mengapresiasi upaya Tiongkok dan terus berkoordinasi dengan pejabat kesehatan masyarakat di seluruh dunia," katanya dalam  pernyataan melalui surat daring.

Dalam sureat itu juga disertakan keterangan terkait pengalaman para ahli. "Para ahli Amerika Serikat ini memiliki banyak pengalaman bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia dalam berbagai wabah penyakit menular dan epidemik seperti Ebola, flu burung dan SARS," tambahnya.

Sumber WHO di Jenewa menyebutkan bahwa badan tersebut masih menunggu kabar dari China terkait tim yang diusulkan tersebut, demikian disampaikan juru bicara WHO pada Sabtu, tanpa informasi lebih lanjut mengenai misi tersebut. Kementerian Luar Negeri Tiongkok belum menanggapi permintaan untuk berkomentar. (Reuters/Ant/OL-12)


 

BERITA TERKAIT