08 February 2020, 16:54 WIB

Soal Menantu Jokowi, PDIP Tunggu Keputusan Megawati


M Iqbal Al Machmudi | Nusantara

NASIB menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, dalam Pemilihan Wali Kota Medan, Sumatra Utara, masih menanti keputusan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.

Pasalnya, PDIP menyerahkan kepada Megawati perihal penentuan calon kepala daerah yang akan diusung.

Baca juga: Jokowi Janji Tak Mau Ikut dalam Kegiatan Politik Gibran dan Bobby

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan pihaknya menyerahkan keputusan akhir kepada Megawati.

"Kami akan putuskan dalam waktu dekat. Itu adalah kewenangan dari Ibu Ketua Umum. Tugas kami menyiapkan peta politik. Tetapi demokrasi yang dibangun PDIP, keputusan diambil DPP, seluruh kader partai, anggota, wajib untuk menaati itu. Itu demokrasi yang dipimpin oleh ideologi," kata Hasto melalui keterangan resmi, Sabtu (8/2).

Baca juga: Soal Dinasti Politik, Jokowi: Cari Partai Aja Kesulitan

Dia memaparkan, untuk pemilihan kepala daerah di Kota Medan, ada beberapa nama. Termasuk, pelaksana tugas (Plt) Wali kota Medan Akhyar Nasution.

"Ada sejumlah nama calon wali kota Medan yang mencuat. Dari internal ada Akhyar. Ada juga Bobby Nasution yang mendaftar. Begitupun sejumlah tokoh lain," ujar Hasto.

Baca juga: Presiden tidak akan Kampanye untuk Anggota Keluarga

PDIP, tambah Hasto, akan mencari orang yang betul-betul memberikan komitmen terhadap hal itu. "Selain itu, nanti setiap calon akan kami didik serta disiapkan melalui sekolah partai," tandasnya. (X-15)

 

BERITA TERKAIT