08 February 2020, 16:05 WIB

Amartha Bagikan 200 Kacamata Gratis di Padang


Yose Hendra | Humaniora

PERUSAHAAN teknologi finansial (fintech) Amartha membagikan 200 kacamata gratis, sekaligus pemeriksaan mata kepada mitra Amartha dan masyarakat umum khususnya perempuan di kawasan Ampang, Kecamatan Kuranji, Kota  Padang, Sumatera Barat, Sabtu (8/2).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan gratis kepada mitra dan masyarakat umum, agar dapat meningkatkan produktivitas mereka.

Penerima manfaat dari keagiatan sosial ini, sebanyak 120 orang dari Mitra Amartha, sisanya perempuan dalam kategori umum atau masyarakat sekitar.

Chief Risk and Sustainability Officer / Direktur Amartha  Aria Widyanto menekankan, pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis yang dilakukan merupakan  sebagai salah satu bentuk bagian bisnis, bentuk pendampingan mitra (kaum perempuan) dalam bingkai kegiatan sosial.

Ia menjelaskan, ada tiga pilar yang dijalankan Amartha yakni pelatihan atau literasi keuangan, pelatihan kewirausahaan, dan pelatihan tentang kesehatan dan sanitani.

"Kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kacamata ini masuk pilar ketiga," tukas Aria di lokasi acara.

Kegiatan sosial di Ampang, Kota Padang, pertama kali dilakukan Amartha di Sumatera Barat. Pasalnya, Amartha baru panetrasi ke Sumatra Barat di bulan Februari 2020.

"Hari ini kita mengundang 200 ibu-ibu sekitar Kota Padang, dimana Amartha sudah punya area Padang dengan 4 titik atau cabang. Sementara di seluruh Sumbar ada 32 titik atau cabang. Harapannya kita bisa melayani  lebih 50 ribu orang di Sumbar tahun ini, dengan harapan menyalurkan modal kerja Rp200-400 miliar," ungkap Aria.

Sektor kesehatan, khususnya mata dipilih Amartha dalam aksi sosial, dilandasi bahwa mata yang sehat penting untuk bekerja secara maksimal dan menjaga produktivitas.

"Dari penelitian kami, dari sisi kesehatan, kaca mata meningkatkan produktifitas. Misal ibu-ibu penjahit, kalau ada gangguan mata, tidak bisa menjahit sampai malam. Sehingga jika ada kacamatan, produktifitas bisa meningkat," dalihnya memberi kacamata.

Menurut Aria, sebelum di Padang, tahun 2019, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial berupa pelayanan kesehatan untuk 10 ribu orang mitra di Pulau Jawa.

Syarat penerima manfaat kegiatan sosial ini, cukup mudah. Antara lain, sudah terdaftar sebagai mitra Amartha. Tidak harus sudah dalam tahap pencairan bantuan modal, cukup sudah dalam tahapan seleksi.

Sementara untuk masyarakat umum, bisa melalui rekomendasi mitra seperti tetangga atau warga sekitar lokasi pelayanan kesehatan.

Seorang relawan, Mia Aulia Rahim dari Fakultas Keperawatan Unand, mengaku senang terlibat kegiatan ini. (OL-13)

BERITA TERKAIT