08 February 2020, 15:50 WIB

Kebakaran Landa Kawasan Padat di Kota Pematangsiantar


Apul Iskandar | Nusantara

Puluhan unit  rumah di kawasan padat penduduk di kota Pematangsiantar terbakar. Kebakaran sedikitnya menghanguskan 20 rumah di kawasan pemukiman padat penduduk di Jalan Tanah Jawa, Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar (8/2).

Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran dan hingga menjelang siang petugas kebakaran Pemerintah Kotamadya Pematangsiantar dan PT STTC masih berupaya melakukan pemadaman api.

Dari informasi yang dihimpun mengatakan, kobaran api dan kepulan asap tebal terlihat sekitar pukuk 09.00 WIB, dari salah satu rumah yang terbakar di Gang Sewu. Api kemudian menjalar begitu cepat ke rumah tetangga lainnya.

Dalam hitungan menit kepulan asap membumbung tinggi ke angkasa, ratusan warga menyemut ke jalan Tanah Jawa. Tidak lama berselang, tim pemadam kebakaran (Damkar) Pemerintah Kotamadya Pematangsiantar bahu-membahu berupaya memadamkan kobaran api dibantu Damkar dari PT STTC Pematangsiantar.

Namun karena lokasi kebakaran sulit dijangkau disebabkan melalui gang sempit akibatnya tidak bisa dilalui mobil pemadam kebakaran. Bersama warga sekitar  akhirnya selang pemadam kebakaran PT STTC dan Pemerintah Kotamadya Pematangsiantar mampu menjangkau titik api dan memadamkannya.

Untuk sementara, asal api pemicu kebakaran belum dapat diketahui. Demikian juga kerugian, belum dapat diperkirakan. Namun akibat kejadian, beberapa warga ada yang dibawa ke rumah sakit untuk dicek kesehatannya, karena terlalu banyak menghirup asap. (OL-13)

 

BERITA TERKAIT