08 February 2020, 13:32 WIB

Tiga Vila dan Satu Musala Tertimbun Longsor di Purwakarta


Reza Sunarya | Nusantara

DUA peristiwa longsor terjadi di Kampung Cileweng Rt 13 Rw 07 Desa Bojong Timur Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Selain menyebabkan tiga bangunan vila dan satu musala ambruk, longsor juga menutup akses jalan penghubung dua desa di kecamatan tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut.

Menurut keterangan warga di lokasi kejadian, bencana longsor akibat wilayah Kecamatan Bojong diguyur hujan sejak pukul 22.00 Jumat malam (7/2).

Pada longsoran pertama tebing setinggi 30 meter longsor dan menimpa tiga bangunan vila dan satu vila dan satu musala sehingga rata dengan tanah. Beruntung saat bangunan vila ambruk, para penghuninya sedang tidak di tempat.

"Saat longsor dan 3 vila ambruk. Penghuni vila sedang tidak pada ada,sehingga luput dari maut," kata Wahyu, Kasie Trantib Kecamatan Bojong, Sabtu (8/2).

Longsoran kedua terjadi pukul 24.00, tidakjauh dari longsoran pertama.Tebing setinggi 20 meter longsor menutupi badan jalan sehingga menutus jalan penghubung dua desa di Kecamatan tersebut.

"Longsor susulan sekitar pukul 24.00. Tebing setinggi 20 meter longsor hingga menutup akses jalan," tambahnya.

baca juga: Mulyadi Rangkul Semua Elemen Majukan Sumbar

Hingga Sabtu siang (8/2) warga dibantu petugas dari TNI dan Polri masih berupaya menyingkirkan material longsor yang menutupi jalan raya. Satu kendaraan alat berat diturunkan untuk membersihkan bekas longsoran tersebut. Sementara tiga bangunan vila yang roboh masih belum dilakukan perbaikan karena masih menunggu pemilik vila. Sebagian tanah yang  menutupi permukinan warga juga sudah mulai dibersihkan (OL-3)

 

BERITA TERKAIT