08 February 2020, 11:38 WIB

Cek Pintu Air Manggarai, Anies: Kita Tunggu Air Surut


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pintu Air (PA) Manggarai, Sabtu (8/2) setelah ketinggian air mencapai 940 cm atau siaga 2. Hal itu dipicu hujan deras sejak dini hari tadi hingga sekitar pukul 10.00 WIB. Namun dalam perkembangannya, menurut Anies ketinggian air sudah turun menjadi 880 cm.

"Jadi, kita sedang menunggu air untuk makin surut. Semua pintu air dikendalikan di sini semua, ada command center yang memonitor pintu- pintu air menggunakan CCTV. Sehingga, kita bisa mengetahui dari Manggarai kondisi ketinggian tiap tiap pintu air lewat tempat ini," kata Anies.

Pihaknya mengaku sudah memantau pintu-pintu air sejak Jumat (7/2), karena ketinggian air di Bendungan Katulampa bergerak naik sejak pukul 16.00 wib dan puncaknya pada pukul 22.00 wib malam

"Nah yang sekarang yang sedang kita pantau adalah permukaan air laut. Menurut prediksi permukaan air laut akan mulai surut sekitar jam setengah 10 pagi ini. Ketika itu mulai turun maka semua pintu air bisa dibuka secara maksimal. Kalau dibuka secara maksimal maka Insha Allah air bisa segera surut," kata Anies.

baca juga: Hujan Deras, Status Pintu Air Manggarai Siaga 2

Gubernur menambahkan petugas sudah disiagakan dan dikerahkan untuk mengatasi wilayah Jakarta yang tergenang. Termasuk penyediaan pompa mobile air dan mobil pemadam kebakaran.

"Seluruh jajaran siaga di tempat-tempat berisiko dan kita pantau terus," imbuh Anies. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT