08 February 2020, 22:20 WIB

Tips Yoga yang Perlu Diperhatikan Pemula


Sunnaholomi Halakrispen | Humaniora

YOGA bermanfaat dalam peregangan otot tubuh. Bagi para pemula, ketahuilah sejumlah tips yang perlu diperhatikan sebelum memulai aktivitas yoga.
 
Pertama, pahami diri sendiri, terutama kondisi fisik. Meskipun, Anda menerapkan yoga melalui channel youtube seorang expert yoga, karena biasanya tidak ada penjelasan detail tentang setiap kondisi tubuh saat berlatih secara online.
 
"Kalau di channel youtube kan enggak dikasih tahu kalau punya cedera ini atau itu, eggak mungkin ada sesi konsuktasi," ujar Fitri Tasfiah selaku Certified Yoga Teacher and Thriatlete, di Tea Addict Lounge and Resto, Jakarta Selatan, Jumat, (7/2).

Fitrj yang mengajar basic yoga sejak tahun 2015, menjelaskan bahwa jika memiliki cedera leher, ada gerakan yang tidak boleh dilakukan atau yang sebaiknya dihindari. Hal tersebut teegantung pada masing-masing tingkatan cedera.
 
"Yoga kan low pressure, jadi harusnya lebih aman asal mengikuti instruksi coach yoga. Bahkan bisa dilakukan setiap hari, satu sesi bisa 60-90 menit," jelasnya.
 
Untuk pemula memang sebaiknya ada instruktur khusus atau coach yoga secara langsung setiap kali berlatih. Misalnya, akan dijelaskan bagaimana cara bernapas yang tepat.
 
Sebab, jika cara bernapas saja tidak tepat, maka gerakan yoga yang dilakukan nantinya justru bisa membuat otot tegang atau kram. Ia memaparkan, intensitas yang biasanya dilakukan ialah seminggu sekali atau dua kali yoga dalam satu minggu.
 
Kemudian, sesuaikan juga intensitas latihan yoga dengan pola makan sehari-hari. Menurut Fitri, bukan hanya yoga tapi untuk hampir kebanyakan olahraga, harus mengurangi konsumsi gula dan makanan berminyak.
 
"Soal daging, aku sendiri sudah lama enggak makan daging merah karena aku merasanya bisa lebih berat dan genggak enak geraknya kalau makan daging merah. Bisa lebih berat karena daging lebih lama dicerna tubuh," akunya.
 
Ketika tubuh terasa lebih berat, kata Fitri, maka saat melakukan gerakan yoga akan berpengaruh menjadi tidak nyaman. Jika ingin membuat badan terasa ringan dan lebih nyaman, konsumsilah buah-buahan dan sayuran.
 
"Sayur, karena cepat dicerna. Kalau concern ke kesehatan ya minyak dan gula yang harus dihindari. Aku juga lari, disuruh coach-nya juga sama, kurangi konsumsi minyak dan gula itu," pungkasnya. (Medcom/OL-14)

BERITA TERKAIT