07 February 2020, 21:38 WIB

Inilah Pesan-Pesan dari Novel Ranah 3 Warna


Retno Hemawati | Hiburan

MELALUI novel Ranah 3 Warna, Ahmad Fuadi ingin memberikan pesan positif. Pesan itu yang akhirnya ditangkap pihak MNC Pictures untuk ditampilkan dalam sebuah film dengan judul yang sama. Ahmad memang dikenal sebagai penulis yang kerap menuangkan pesan-pesan positif dan inspiratif melalui tulisan.

Cerita Ranah 3 Warna merupakan bagian dari trilogi novel laris yang ditulis Ahmad Fuadi bagian kedua. Bagian pertama berjudul Negeri 5 Menara, sementara bagian akhir, Rantau 1 Muara masih dalam rencana pembuatan. Ahmad Fuadi mendapatkan berbagai macam penghargaan atas novel trilogi yang juga dikenal di sejumlah negara tetangga.

"Saya menulis novel dan buku dengan sebuah niat, apa yang saya sampaikan dengan tulisan itu ada manfaatnya buat banyak orang, termasuk buat saya sendiri dan untuk kebaikan," ujar Ahmad saat berbincang santai di kediamannya belum lama ini.

Pesan yang diusung dalam cerita Ranah 3 Warna, yakni kesabaran yang tak berujung. Sebab, beragam usaha yang dijalankan tanpa adanya kesabaran, hanya akan membuat seseorang putus aja jika menemukan kegagalan.

"Intinya, Ranah 3 Warna itu merupakan kisah manusia yang sudah berusaha habis-habisan, capek luar biasa, sudah Man Jadda wa Jadda, tapi belum berhasil," ujar Ahmad lagi.

"Jadi, kerja keras itu nggak ada jaminan berhasil. Ranah 3 Warna bercerita tentang perjalanan anak manusia, bahwa sungguh-sungguh saja tidak cukup. Setelah sungguh-sunggu ada yang namanya sabar," terang Ahmad lagi.

Salah satu karakter sentral dalam cerita Ranah 3 Warna, Alif Fikri diperankan Arbani Yasiz. Ahmad pun merasa Arbani adalah sosok yang pas memerankan karakter Alif. Menurut Arbani, memerankan sosok Alif penuh dengan tantangan.

"Menurut saya, kan karakter cerita ini diangkat dari novel. Pembacanya juga tentu punya pandangan atas karakter Alif dan yang lainnya. Tentu pandangan atas karakter Alif dan ceritanya juga berbeda-beda setiap orangnya. Jadi saya hanya berusaha mengikuti skenario agar karakter Alif bisa diterima oleh mereka," ujar Arbani Yasiz belum lama ini kepada wartawan di Jakarta.

Dijadwalkan, film Ranah 3 Warna produksi MNC Pictures yang dibintangi Arbani Yasiz tersebut akan ditayangkan di bioskop Tanah Air mulai 25 Juni 2020. (OL-12)

BERITA TERKAIT