08 February 2020, 01:20 WIB

Nadiem Makarim Bernostalgia dengan Bahasa Mandarin


MI | Hiburan

MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, 35, teringat momen masa kuliahnya ketika dia mempelajari bahasa Mandarin secara khusus hingga dua bulan lamanya. Hal itu diungkapkannya saat menghadiri acara perayaan Imlek 2571/2020 di Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (6/2).

"Saya masih ingat waktu saya masih kuliah. Sekarang sih sudah lupa.

Tapi, di dua tahun terakhir, saya kuliah ambil (kelas) Mandarin intensif dua tahun," ucap alumnus Hubungan Internasional Universitas Brown, Amerika Serikat itu.

Karena pelajarannya cukup intensif, menteri yang lahir dan menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Singapura itu mengaku pernah hampir fasih menggunakan bahasa Mandarin. Sayangnya, ilmu bahasa Mandarinnya jarang digunakan sehingga pelan-pelan luntur.

"Sampai bisa, lumayan lancar, tapi sampai sekarang sedih sekali karena hampir tidak digunakan, tidak ada latihannya," kata lulusan Harvard University tersebut.

Menurutnya, Indonesia punya hubungan sangat erat dengan Tiongkok, baik dalam aspek sejarah maupun budaya. Imlek pun dinilai menjadi momentum perekat hubungan kedua bangsa. Hal itu juga menjadi alasan digelarnya perayaan Imlek di Kemendikbud. (Ant/H-2)

BERITA TERKAIT