07 February 2020, 18:19 WIB

Gubernur Ganjar Tolak Pemulangan IS ke RI


Haryanto | Politik dan Hukum

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menolak rencana pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) yang terafiliasi dengan IS di luar negeri.

Penegasan itu disampaikan Ganjar di Semarang, Jumat (7/2). Menurut dia, rencana pemulangan eks IS itu perlu dipertimbangkan matang-matang

"Meski ada warga Jateng yang juga terafiliasi dengan ISIS di luar negeri, namun saya tidak mengharapkan mereka kembali. Yang saya tunggu kembali ke tanah air itu WNI asal Jateng yang sukses di luar negeri. Bukan mereka (anggota IS)," kata Ganjar.

Menurut dia, Jawa Tengah selama ini sedang berupaya melakukan deradikalisasi kepada mereka yang terpapar paham radikalisme. Khususnya mantan narapidana kasus terorisme. Selama ini, Ganjar mengaku intens berkominikasi dengan para eks narapidana terorisme di Jawa Tengah.

"Dari cerita eks napiter itu, mereka mengatakan betapa bahayanya para eks teroris itu, apalagi kalau tidak ada pembinaan. Makanya kami ngurusi yang sudah ada saja, kami bina mereka. Itu saja sekarang butuh energi banyak, apalagi kalau ketambahan mereka," tegasnya.

Menurut Ganjar, WNI anggota IS di luar negeri itu sudah bukan lagi tanggungjawab pemerintah. Apalagi mereka sudah dengan sengaja membakar paspor WNI.

"Saya kira kok perlu dipertimbangkan matang-matang untuk pengembalian mereka ke Indonesia," pungkasnya. (OL-13)

BERITA TERKAIT