07 February 2020, 11:46 WIB

Presiden: Renovasi Istiqlal Selesai Sebelum Ramadan


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menargetkan renovasi Masjid Istiqlal akan rampung pada April. Dengan demikian, masjid terbesar se-Asia Tenggara itu akan siap digunakan untuk kegiatan ibadah pada Ramadan dan lebaran tahun ini. Adapun, saat ini, progres renovasi sudah menyentuh 75%.

"Bulan empat insya Allah sudah selesai semua. Lebaran insya Allah sudah selesai," ujar Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/2).

Presiden mengatakan, untuk merenovasi Istiqlal, pemerintah mengeluarkan biaya sebesar Rp475 miliar. Adapun pengerjaan renovasi mencakup hampir seluruh bagian masjid.

Di sisi dalam, pemugaran dilakukan terhadap lantai dan dinding masjid. Tempat mihrab juga tidak luput dari pembaruan.

"Banyak yang diperbaiki. Memoles lantai, mengganti karpet, lighting, sound system, tempat wudu, semuanya," tutur Jokowi.

Baca juga: Jemaat Katedral Tak Bisa Parkir di Istiqlal Saat Natal

Di sisi luar, pemerintah menata ulang lansekap kawasan masjid dengan menambah tanaman dan pot bunga. Dengan begitu, porsi ruang terbuka hijau (RTH) yang saat ini berkisar 29% akan bertambah hingga 35%.

Sungai yang melintas di depan masjid juga dilakukan pengerukan sedimentasi dan dibuatkan terasering yang dapat menjadi ruang terbuka.

"Jadi bukan hanya interior, eksterior juga semuanya dibangun. Sungai yg ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," lanjut presiden.

Untuk menambah kapasitas pengunjung, pemerintah juga akan membangun tempat parkir berupa bangunan dua lantai dengan kapasitas 2.000 kendaraan roda empat.

Renovasi Masjid Istiqlal dilaksanakan PT Waskita Karya sebagai kontraktor pelaksana dan PT Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi.(OL-5)

BERITA TERKAIT