07 February 2020, 08:00 WIB

Airbus A320neo Perkuat Armada Batik Air


Hilda Julaika | Ekonomi

Batik Air memperkenalkan pesawat terbarunya, Airbus 320neo (A320neo).

Direktur Utama (Dirut) Batik Air, Capt. Achmad Lutfie  mengatakan nantinya A320neo  akan melayani rute domestik ke wilayah Timur Indonesia seperti Manado, Papua, dan Papua Barat. Pesawat ini diklaim mampu menghemat bahan bakar dan lebih efisien sehingga cocok untuk rute jauh seperti ke wilayah Timur Indonesia.

"Pesawat ini milik Batik Air yang ke-56. Dan sudah kami persiapkan untuk terbang jauh karena sangat hemat konsumsi bahan bakarnya. Kita akan terbang ke rute jauh  seperti ke Manado, Papua Barat, dan Papua,"ujar Achmad di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kamis (6/2).

Pesawat A320neo ini menggabungkan teknologi Sharklets. Teknologi pada pesawat ini memungkinkan adanya penghematan bahan bakar dan inovasi kabin terbaru. Penghematan bahan bakar dapat mencapai  20% lebih rendah per kursi. Selain itu, biaya perawatan badan pesawat 5% lebih rendah dan biaya operasional yang lebih hemat 14%.

"Adapun konfigurasi yang dimiliki oleh pesawat ini terdiri dari 12 kursi kategori bisnis dan 144 kursi kategori ekonomi. Tipe kursi yang digunakan adalah slim seat yang diklaim lebih ekonomis sehingga memiliki jarak untuk kaki penumpang yang lebih luas.

Achmad pun menginformasikan pada 2020 ini, Batik Air akan menambah 5 pesawat barunya. Terdiri dari 3 pesawat A320neo dan 2 pesawat A321. Penambahan armada ini bisa meningkatkan pertumbuhan penumpang. (Hld/E-1)

BERITA TERKAIT