07 February 2020, 01:05 WIB

Okky Asokawati Halau Penyakit dengan Gaya Hidup Sehat


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Hiburan

PERAGAWATI yang juga politikus Partai NasDem Okky Asokawati, 57, mengaku sangat prihatin terhadap wabah virus korona jenis baru yang menjangkiti lebih dari 28 ribu orang di 28 negara, hanya dalam waktu dua bulan.

Okky menyarankan kepada masyarakat untuk tidak berlebihan menanggapi virus ini, apalagi membuat orang lain merasa khawatir dengan unggahan mengerikan di media sosial. Sebaliknya, Okky meminta masyarakat mengedepankan pencegahan.

Menurutnya, virus yang awalnya mewabah di Kota Wuhan, Tiongkok, itu memang cukup berbahaya, apalagi jika daya tahan tubuh sedang kurang baik. Untuk itu, Okky mengimbau masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh guna menghalau virus korona yang masih satu keluarga dengan virus flu itu.

"Kalau daya tahan tubuh kita lagi drop, virus akan cepat masuk, apalagi virus korona dengan melakukan serangan ke mana-mana," ucap Ketua Bidang Kesehatan DPP Partai NasDem itu saat ditemui di acara Partai NasDem Peduli Kesehatan di Jakarta, kemarin.

Dalam kegiatan itu, ia bersama sekitar 50 kader Partai NasDem yang terdiri atas Garda Pemuda, Garnita, Badan Rescue, dan DPW DKI membagikan 3.000 masker dan hand sanitizer ke tiga titik, yakni Stasiun Gambir, Terminal 3 kedatangan luar negeri Bandara Soekarno-Hatta, dan kedatangan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia periode 2009-2018 ini melanjutkan, untuk menguatkan daya tahan tubuh, diperlukan gaya hidup sehat yang diawali dengan asupan makanan seimbang.

"Cukup karbohidrat, cukup protein, cukup lemak, jangan sampai saat diet lupa karbohidrat. Nanti yang ada daya tahan tubuh bisa menurun," katanya.

Perempuan kelahiran Jakarta itu juga menganggap penting pemilihan makanan, termasuk bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak. Okky mengatakan, dirinya tidak pernah menggunakan Monosodium glutamate (MSG) atau penyedap rasa dalam masakannya. Ia juga memakai kecap khusus yang diklaim baik bagi tubuhnya.

Tak hanya itu, Okky juga mengimbau masyarakat untuk tidur cukup selama 8 jam, memperbanyak minum air putih, dan olahraga rutin. Semua itu jadi pertimbangan yang harus pula diperhatikan dirinya agar tubuh tetap bugar. "Saya upayakan setiap hari melakukan treadmill selama 30 menit, mau pukul 10 malam, saya upayakan," lanjut ibu dua anak ini.


Bersihkan tangan

Agar virus atau bakteri tidak menghinggapi tubuh anaknya, model yang berjaya di era 1980-an ini juga menaruh hand sanitizer atau cairan pembersih tangan di pintu kamar sang anak, Queentadira Asokawati Padmodimuldjo.

"Jadi di pintu kamar anak saya dipasang hand sanitizer, jadi kalau setiap orang masuk ke kamar anak saya, diharuskan bersihin tangannya dulu," katanya.

Ide itu muncul seusai dirinya bertandang ke beberapa rumah sakit. Penggunaan hand sanitizer, menurutnya, bisa menghambat pertumbuhan kuman, selain tentunya mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir.

Diakui Okky, kebiasaan cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Namun, sejak virus korona ramai dibicarakan, upaya menjaga tangan tetap bersih lebih digencarkan lagi. Baginya, penting memastikan tangan dalam kondisi bersih lantaran bagian tubuh yang satu ini rawan menjadi pintu masuk kuman berupa virus ataupun bakteri. (H-2)

BERITA TERKAIT