07 February 2020, 00:20 WIB

Jalur Sepeda Tidak Cocok Diterapkan di Jakarta


MI | Megapolitan

ANGGOTA Komisi B DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan, Gilbert Simanjutak menilai jalur sepeda yang dibangun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak efektif.

“Jalur sepeda belum cocok diterapkan di DKI. Belum saatnya. Pengguna jalur sepeda kan hanya sedikit,” ujar Gilbert di Jakarta, Kamis (6/2).

Gilbert berpendapat sebaiknya Dinas Perhubungan fokus mengurus integrasi moda transportasi yang belum terintegrasi dari utara, barat, timur, selatan.
“Uang puluhan miliar malah jadi beban Dishub,” katanya.

Penambahan jalur sepeda sepanjang 200 kilometer memakan anggaran sebesar Rp62 miliar.  Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebutkan jalur sepeda malah digemari warga Jakarta. “Buktinya, ada peningkatan demand yang signifikan. Angkanya sekitar lebih dari 500 persen dari aspek pengguna. Kemudian, jika kita komparasi dengan data kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pesepeda, ternyata dengan adanya jalur sepeda, angka kecelakaannya justru menurun,” papar Syafrin.

Seorang warga Kiky (23) berpendapat bahwa masalah jalur sepeda bukan pada jalur sepedanya, tapi apakah jalur sepeda itu digunakan oleh pengendara yang tepat. (Ins/J-2)

 

BERITA TERKAIT