06 February 2020, 19:41 WIB

Penguin Berbicara Seperti Manusia?


Irana Shalindra | Weekend

DALAM kebanyakan bahasa manusia, kata-kata yang paling sering digunakan pendek. Pikirkan "itu," dan, "dari" dan "ya." Ternyata hal yang sama berlaku untuk penguin.

Sebuah tim peneliti yang berbasis di Italia menemukan "bukti kuat" bahwa penguin Afrika menggunakan pola bicara yang sama dengan kita --pertama kali ini ditemukan pada hewan selain primata.

Tim merekam 590 bunyi panggilan yang biasa dinyanyikan oleh burung penguin selama musim kawin, dari 28 penguin Afrika dewasa di tiga koloni berbeda di kebun binatang Italia.

Suara nyanyiannya mirip dengan ringkik keledai, menurut jurnal yang diterbitkan pada Selasa (4/2) lalu. Penguin jackass merupakan nama panggilan burung yang tak dapat terbang itu.

Studi ini menemukan bahwa urutan vokal berisi tiga suku kata yang berbeda dengan panjang yang berbeda, dengan "kata" yang paling sering digunakan adalah yang terpendek. Sedangkan urutan terpanjang terdiri dari suku kata yang lebih pendek.

Baca juga: Ilmuwan Selandia Baru Temukan Fosil Penguin Raksasa

Para peneliti berpendapat ini menunjukkan burung yang tak bisa terbang itu memiliki dua ciri bicara manusia. Bahwa kata-kata yang paling sering digunakan lebih pendek, tetapi juga semakin lama kalimatnya (atau untuk penguin: panggilan), semakin pendek suara di dalamnya. Riset yang diterbitkan dalam jurnal Biology Letters, menyatakan dua hukum linguistik yang masing-masing dikenal sebagai Hukum Brevity Zipf dan Hukum Menzerath-Altmann, dimiliki oleh sebagian besar bahasa manusia.

Penguin menggunakan suku kata yang tersedia untuk berbicara dengan cara paling irit yang mereka bisa. Riset mengungkapkan penguin menggunakan bunyi yang lebih pendek untuk panggilan yang paling sering.

Ini bukan pertama kalinya penguin ditemukan menunjukkan sifat yang mirip dengan manusia. Mereka juga diamati memiliki hubungan sesama jenis. Penguin Afrika ialah satwa asli di kawasan pantai Afrika Selatan dan Namibia.(CNN/OL-11)

 

BERITA TERKAIT