06 February 2020, 18:02 WIB

Menkeu Puji JB Sumarlin Berperan Dorong Kontribusi Perbankan


Retno Hemawati | Humaniora

MENTERI Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku memiliki banyak kenangan dan testimoni terhadap almarhum Mantan Menteri Keuangan JB Sumarlin yang salah satunya adalah peran menteri Orde Baru itu saat menerapkan kebijakan liberalisasi di sektor keuangan, terutama perbankan dan pasar modal.

Menurut Ani, kebijakan yang dilakukan Sumarlin membuat industri perbankan dan pasar modal bertumbuh dan mampu menyuntikkan pendanaan ke perekonomian. "Mungkin salah satu yang cukup besar adalah waktu melakukan liberalisasi sektor keuangan, beliau melakukan liberalisasi yang menyebabkan tumbuh dan sangat besarnya sektor perbankan dan capital market di Indonesia," ujar dia usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/2).

Sri Mulyani menceritakan JB Sumarlin merupakan dosennya saat kuliah di Universitas Indonesia, Fakultas Ekonomi. JB Sumarlin mengajarkan mata kuliah Perekonomian Indonesia. Saat mengajar, Sri Mulyani mengenang Sumarlin yang selalu sungguh-sungguh mengajarkan aspek-aspek perekonomian kepada mahasiswa dan mahasiswi. "Beliau tetap mengajar meski sudah menjadi pejabat negara yang sangat sibuk," katanya. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT