06 February 2020, 17:41 WIB

Cari Rute Alternatif, Tim Formula E Tiba di Jakarta Malam Ini


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengebut pencarian rute alternatif untuk Formula E. Menyusul penolakan dari Komisi Pengarah yang diketuai Menteri Sekretaris Negara, terhadap rute yang mencakup kawasan Monumen Nasional (Monas).

Anies mengatakan tim Formula E akan tiba di Jakarta pada Kamis (6/2) malam, untuk membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mencari rute alternatif.

"Lalu tadi malam kita sudah langsung komunikasi dengan pengelola Formula E dan organisasi pembalap motor internasional. Kemudian sore ini tim mereka sudah dalam perjalanan ke Jakarta untuk menentukan lokasi baru," kata Anies di Balai Kota, Kamis (6/2).

Baca juga: DPRD: Revitalisasi Monas untuk Formula E, bukan RTH

Menurutnya, Pemprov DKI tidak bisa sendiri untuk menentukan sirkuit. Pasalnya, ada beberapa kriteria khusus dalam memilih rute untuk sirkuit.

"Begini, itu kan bukan Pemprov DKI yang menggambar, banyak faktor variabel. Satu jumlah belokan, tingkat kesulitannya. Bukan seperti mengubah rute Transjakarta. Ini diganti, tidak bisa tanpa ahlinya. Karena itulah tim rute datang sore ini," ungkap Anies.

Dia pun belum bisa merinci lokasi yang menjadi rute alternatif. Anies menegaskan pihaknya akan menunggu masukan dari tim Formula E.

"Belum, sampai dengan sekarang, masih banyak opsinya. Sebenarnya kan ada batasannya. Batasannya apa? kilometernya. Karena ini menggunakan baterai ya maksimal 3 km. Jadi ada banyak faktor penentuan itu," tandasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT